UPAYA PENINGKATAN KEMANDIRIAN ANAK BERSEKOLAH MELALUI OUT DOR PLAY KELOMPOK B RA MIFTAHUL ATHFAL WONOREJO GUNTUR DEMAK

MUNA, NAILUL (2021) UPAYA PENINGKATAN KEMANDIRIAN ANAK BERSEKOLAH MELALUI OUT DOR PLAY KELOMPOK B RA MIFTAHUL ATHFAL WONOREJO GUNTUR DEMAK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of NAILUL MUNA.pdf] Text
NAILUL MUNA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

NAILUL MUNA “Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak Bersekolah Melalui
Outdor play Kelompok B RA MIFTAHULN ATHFAL Wonorejo Guntur Demak
2020/2021” Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Fakultas Ilmu Pendidikan UNIVERSITAS PGRI Semarang. UPGRIS Semarang
2020.
Peneliti ini di latarbelakangi masih rendahnya perilaku kemandirian yang
dimiliki oleh anak pada kelompok B di RA MIFTAHUL ATHFAL Wonorejo
Guntur Demak.
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu meningkatkan
kemandirian anak melalui outdor play . karena perilaku kemandirian bukan
merupakan kemampuan bawaan melainkan harus di peroleh melalui hasil
pngalaman yang akan terbentuk dari pembiasaan yang dilakukan secara berulang-
ulang dalam waktu yang lama dalam mengajarkanya.dan tuntunan kemandirian
pada anak usia dini berbeda dengan orang dewasa . anak cukup diajarkan hal-hal
kecil yang dapat di lakukan anak yang sesuai Usianya.
Penelitian ini dilaksanakan pada semester Genap yang dimulai dari tanggal
20 Maret sampai 10 April 2021.Subyek penelitian ini adalah kelompok B RA
MIFTAHUL ATHFAL yang berjumlah 20 anak yang terdiri dari 12 anak lako-
laki dan 8 anak perempuan. Prosedur penelitian menggunakan penelitian tindakan
kelas yang terdiri dua siklus . tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu 1) Tahap
perencanaan 2)melakukan tindakan 3)mengadakan pengamatan tindakan 4)
merefleksi hasil pengamatan tindakan. Setiap siklus dilaksanakan 3 kali
pertemuan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan kemandirian dapat di
tingkatkan melalui outdor play . hal ini dapat di buktikan dengan meningkatnya
jumlah anak yang mandiri dalam setiap kali pertemuan. Baik dalam siklus I
maupun siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik
kesimpulanbahwa kemampuan kemandirian anak dapat di tingkatkan melalui
outdor play

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Oct 2024 07:05
Last Modified: 25 Oct 2024 07:05
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6934

Actions (login required)

View Item
View Item