PENGGUNAAN MEDIA LEMPAR ANGKA DALAM PEMBELAJARAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN ANAK TK A DI TK FAJAR RACHMA SEMARANG

NGAENIYAH, NAHWIYATUL (2021) PENGGUNAAN MEDIA LEMPAR ANGKA DALAM PEMBELAJARAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN ANAK TK A DI TK FAJAR RACHMA SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of NAHWIYATUL NGAENIYAH.pdf] Text
NAHWIYATUL NGAENIYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

NAHWIYATUL NGAENIYAH. NPM 15150036. “Penggunaan Media Lempar
Angka Dalam Pembelajaran Mengenal Lambang Bilangan Anak TK A di TK
Fajar Rachma Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan
Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Juni
2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil
pembelajaran mengenal lambang bilangan ketika proses kegiatan pembelajaran
tidak menggunakan media konkrit. Hal tersebut mengakibatkan anak susah dalam
mengikuti pembelajaran mengenal lambang bilangan.
Fokus penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media lempar angka
dalam pembelajaran mengenal lambang bilangan anak TK A di TK Fajar Rachma
Semarang. Tujuan penelitian untuk untuk mengetahui penggunaan media lempar
angka sebagai media pengenalan pembelajaran mengenal lambang bilangan.
Jenis penelitian ini adalah peneletian kualitatif yang bersifat deskriptif
kualitatif yang ingin mengetahui data mengenai penggunaan media lempar angka
dalam pembelajaran mengenal lambang bilangan anak TK A di TK Fajar Rachma
Data ini diperoleh melalui observasi kepada anak TK A, wawancara dengan guru
kelas anak, serta dokumentasi kegiatan anak TK A saat melalukan penggunaan
media lempar angka.
Hasil penelitian di TK Fajar Rachma Semarang menunjukan bahwa
penggunaan media lempar angka anak TK A di TK Fajar Rachma Semarang dapat
dijadikan sebagai media pembelajaran mengenal lambang bilangan. Adapun
pengenalan lambang bilangan meliputi menyebutkan lambang bilangan,
menunjukan lambang bilangan, membedakan lambang bilangan, mengurutkan
lambang bilangan.
Saran penelitian bagi guru dan orangtua diharapkan dapat mengenalkan
lambang bilangan kepada anak menggunakan media yang lebih kreatif serta
dengan suasana yang asyik dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Oct 2024 07:00
Last Modified: 25 Oct 2024 07:00
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6932

Actions (login required)

View Item
View Item