HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS VIII SMP ISLAM TUNAS HARAPAN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

FATMAWATI, MUTIA DAYANA (2021) HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS VIII SMP ISLAM TUNAS HARAPAN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Mutia Dayana F.pdf] Text
Mutia Dayana F.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Mutia Dayana Fatmawati, NPM 16110001 :”Hubungan Kepercayaan
Diri Dengan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VIII SMP
Islam Tunas Harapan Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021” Skripsi. Program
Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Semarang. Dosen Pembimbing I : Dr. Yovitha Yuliejantiningsih, M.Pd. Dosen
Pembimbing II : Ismah, S.Ag., M.Pd.
Penelitian Hubungan kepercayaan diri dengan keterampilan komunikasi
interpersonal siswa kelas VIII SMP Islam Tunas Harapan Semarang dilatar
belakangi oleh ditemukannya siswa yang masih memiliki sifat malu-malu
sehingga sulit mengungkapkan pendapatnya ketika di tanya oleh guru pengajar
dan belum bisa mengungkapkan perasaan dengan jelas.
Pada penelitian kali ini jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah
siswa kelas VIII SMP Islam Tuns Harapan Semarang dengan jumlah siswa 89
siswa. Kelas VIII B dan VIII C dengan jumlah 30 siswa digunakan untuk tryout.
Sampel dalam penelitian ini yaitu 44 siswa kelas VIII SMP Islam Tunas Harapan
yang diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Alat pengumpulan
data yang dipergunakan adalah skala kepercayaan diri dan keterampilan
komunikasi interpersonal. Nilai sikap kepercayaan diri dan keterampilan
komunikasi interpersonal diperoleh dari nilai penyebaran skala penelitian yang
telah dianalisis validitas dan reabilitas. Analisis yang digunakan untuk menguji
validitas adalah korelasi product moment dan reliabilitas menggunakan rumus
alpha.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa frekuensi kepercayaan diri siswa
terdapat 6 siswa pada kategori sangat tinggi, 29 siswa pada kategori tinggi, dan 9
siswa pada kategori rendah. Dan frekuensi keterampilan komunikasi siswa
terdapat 11 siswa pada kategori sangat tinggi, 31 siswa pda kategori tinggi, dan 2
siswa pada kategori rendah. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh
kesimpulan sebagai berikut: Terdapat hubungan secara signifikan antara
kepercayaan diri dengan keterampilan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII
SMP Islam Tunas Harapan Semarang. Hal ini dibuktikan dengan thitung lebih besar
dari ttabel (0,752 > 0,297) dengan taraf signifikan 5%.
Penelitian kali ini menemukan sumbangan atau kontribusi variabel
kepercayaan diri terhadap variabel keterampilan komunikasi interpersonal sebesar
56,55% dan sisanya 43,45% ditentukan oleh variabel lain yang tidak dibahas atau
diteliti pada penelitian ini. Maka dapat disimpulkan ada hubungan antara
kepercayaan diri dengan keterampilan komunikasi interpersonal siswa. Saran
yang dapat peneliti sampaikan diharapkan mengadakan kegiatan layanan
bimbingan konseling yang berkaitan dengan pembentukan keterampilan
komunikasi interpersonal agar peserta didik dapat melatih dan mengembangkan
kepercayaan dirinya.
Kata Kunci : Kepercayaan Diri, Keterampilan Komunikasi Interpersonal

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Oct 2024 06:13
Last Modified: 25 Oct 2024 06:13
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6903

Actions (login required)

View Item
View Item