UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SHALAT MELALUI GAMBAR SERI PADA PESERTA DIDIK RA A 2020/2021 MIFTAHUL ULUM NGEMPLAK

KHOIROH, MUTHI’ATUL (2021) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SHALAT MELALUI GAMBAR SERI PADA PESERTA DIDIK RA A 2020/2021 MIFTAHUL ULUM NGEMPLAK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of MUTHI’ATUL KHOIROH (NPM 18156072).pdf] Text
MUTHI’ATUL KHOIROH (NPM 18156072).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

MUTHI’ATUL KHOIROH “Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Shalat
Melalui Gambar Seri Pada Peserta Didik RA A 2020/2021 Miftahul Ulum
Ngemplak”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan AnakUsia Dini
Fakultas Ilmu pendidikan UNIVERSITAS PGRI Semarang. UPGRIS Semarang.
2020
Pembelajaran shalat di RA Miftahul Ulum Ngemplak diajarkan belum
begitu maksimal. Hal ini terlihat dari gerakan peserta didik masih ada yang salah
ketika diminta untuk praktek shalat. Kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik
bermacam-macam mulai dari posisi tangan saat takbiratul ihram, posisi kaki saat
sujud, dan kesalahan urutan gerakan shalat.Selain itu ketika pembelajaran shalat
peserta didik cenderung kurang begitu tertarik. Kurangnya rangsangan yang
belum bisa menarik perhatian peserta didik mengakibatkan motivasi untuk belajar
shalatpun juga berkurang.
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan belajar sholat
peserta didik melalui media gambar seri di RA Miftahul Ulum Ngemplak tahun
ajaran 2020/2021. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode
kualiitatif tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada semester gasal
yang dimulai dari tanggal 12 Oktober 2020 sampai 28 Oktober 2020. Subyek
penelitian ini adalah kelompok RA yang berjumlah 20 anak yang terdiri dari 12
anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Prosedur penelitian mengguanakan
penelitian Tindakan Kelas yang terdiri 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan
yaitu 1) Tahap perencanaan 2) melakukan tindakan 3) mengadakan pengamatan
tindakan 4) merefleksi hasil pengamatan tindakan, setiap siklus dilaksanakan 3
kali pertemuan. Data yang telah di kumpulkan dalam penelitian tersebut dianalisis
dengan menggunakan teknik deskriptip kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkkan bahwa kemampuan belajar sholat dapat di
tingkatkan melalui gambar seri. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah
anak yang sempurna menirukan gerakan sholat dalam setiap kali pertemuan baik
dalam siklus I maupun siklus II. Pada siklus I terdapat 11 anak atau 55% yang
mendapat kriteria sempurna. Sedangkan pada siklus II terdapat 17 anak atau 85%
yang mendapat kriteria sempurna. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan
dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan belajar shalat RA A di Mifathul
Uluim Ngemplak tahun ajaran 2020/2021 dapat ditingkatkan melalui media
gambar seri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Oct 2024 06:10
Last Modified: 25 Oct 2024 06:10
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6901

Actions (login required)

View Item
View Item