PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERCERITA MELALUI ALAT PERAGA WAYANG KARTON TERHADAP PERCAYA DIRI ANAK KELOMPOK A DI RA PERWANIDA BERAN KECAMATAN WONOSEGORO KABUPATEN BOYOLALI

WATI, MUSTIKA (2021) PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERCERITA MELALUI ALAT PERAGA WAYANG KARTON TERHADAP PERCAYA DIRI ANAK KELOMPOK A DI RA PERWANIDA BERAN KECAMATAN WONOSEGORO KABUPATEN BOYOLALI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of MUSTIKA WAT.pdf] Text
MUSTIKA WAT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

MUSTIKA WATI. NPM 15150019. “Pengaruh Penggunaan Metode Bercerita
Melalui Alat Peraga Wayang Karton Terhadap Percaya Diri Anak Kelompok A di
RA Perwanida Beran Wonosegoro Boyolali”. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. Universitas PGRI Semarang 2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah banyak dijumpai
pada anak usia 5-6 tahun belum memiliki sikap percaya diri saat pembelajaran,
seperti dikelas masih ditunggu orang tua, belum berani tampil didepan kelas,
malu jika berhadapan dengan orang lain maupun gurunya, dalam hal
mendengarkan cerita anak kurang antusias yang mengakibatkan anak-anak kurang
kondusif, jadi ketika mengulang kembali cerita tersebut, anak belum mampu dan
merasa malu. Hal tersebut disebabkan kurang menariknya media pembelajaran
yang digunakan dalam menumbuhkan percaya diri pada anak.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh
penggunaan Metode Bercerita Melalui Alat Peraga Wayang Karton terhadap
Percaya Diri anak kelompok A di RA Perwanida Beran Wonosegoro Boyolali
tahun 2018/2019?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh penggunan metode bercerita melalui alat peraga wayang
karton terhadap percaya diri anak kelompok A di RA Perwanida Beran
Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali tahun Ajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Quasi
Exsperimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group
Design. Populasi penelitian adalah kelompok A di RA Perwanida Beran. Sampel
yang diambil adalah dua kelompok A di RA Perwanida Beran yang berjumlah 30
anak kelompok A Yusuf dan Adam dengan mengunakan teknik Non Probability
Sampling berbentuk Purposive Sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh
melalui observasi, angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji t diketahui thitung lebih besar dari
ttabel (2,889504567 > 1,701). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa H0
ditolak. Dengan kata lain terdapat pengaruh penggunaan metode bercerita melalui
alat peraga wayang karton terhadap percaya diri anak kelompok A di RA
Perwanida Beran Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disimpulkan adalah
metode bercerita melalui alat peraga wayang karton dapat digunakan sebagai
salah satu alternatif untuk meningkatkan percaya diri anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Oct 2024 06:03
Last Modified: 25 Oct 2024 06:03
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6897

Actions (login required)

View Item
View Item