KEMALASAN BELAJAR DI MASA PANDEMI STUDI KASUS PADA SISWA SMP N 31 SEMARANG

RAHMANIA, YUSVICHA (2021) KEMALASAN BELAJAR DI MASA PANDEMI STUDI KASUS PADA SISWA SMP N 31 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of yus.pdf] Text
yus.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Yusvicha Rahmania. NPM 17110043: “Kemalasan belajar di Masa Pandemi
Studi Kasus pada Siswa SMP N 31 Semarang”. Skripsi, Program Studi Bimbingan
dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing
I Dr. Heri Saptadi Ismanto, S.Pd., M.Pd., Kons., Pembimbing II Dr. Argo Widiharto,
M.Psi. 2021
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan gambaran umum dan
penyebab siswa malas belajar di masa pandemi siswa SMP N 31 Semarang. Jenis
penelitian termasuk kualitatif dan strategi adalah studi kasus. Teknik
pengumpulan data menggunakan wawancara dengan wawancara semi terstruktur.
Teknik untuk menguji validitas atau keabsahan data dilakukan dengan cara
triangulasi, khususnya triangulasi teori dan triangulasi sumber pengumpulan
data. Teknik analisis data yang digunakan adalah categorical Aggregation atau
pengumpulan kategori, direct interpretation atau interpretasi langsung, pattern atau
pola, generalisasi naturalistic melalui analisa data.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa gambaran malas belajar
siswa diantaranyarendahnya motivasi diri, kondisi fisik kurang prima, teknologi,
kurangnya dukungan keluarga, sekolah, guru serta lingkungan. Pada penyebab
malas belajar siswa di masa pandemi dapat dikategorikan menjadi 2 faktor yaitu
internal (pada fisik dan psikologis) dan eksternal (penggunaan ponsel, suara
berisik, hubungan keluarga, fasilitas sekolah dan guru).
Kata Kunci : Siswa, Malas Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Oct 2024 05:49
Last Modified: 25 Oct 2024 05:49
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6888

Actions (login required)

View Item
View Item