SUKMAHATI, YOLLA ANIS (2021) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP DISIPLIN DENGAN METODE PEMBIASAAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA SINAR PELANGI PATEMON TAHUN AJARAN 2020/2021. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
YOLLA ANIS SUKMAHATI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Yolla Anis Sukmahati. NPM 18156055. “Upaya Meningkatkan Sikap Disiplin
anak Melalui Metode Pembiasaan Pada Kelompok B SinarPelangi PatemonTahun
Pelajaran 2020/2021”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak
Usia Dini Fakultas Ilmu pendidikan UNIVERSITAS PGRI Semarang. UPGRIS
Semarang. 2021
Pendidikan karakter merupakan salah satu hal penting yang perlu untuk
diberikan kepada anak usia dini yang meliputi 18 macam nilai karakter yang dapat
diberikan melalui berbagai kegiatan baik secara universal maupun kelompok.
Nilai karakter tersebut yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca,
peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Anak diharapkan sudah
mampu memahami makna sebuah kedisiplinan yaitu dengan taat dan patuh
terhadap aturan. Namun pada kenyatannya di lapangan masihbanyak anak yang
belum disiplin seperti belum terbiasa memberikan salam, membaca doa sebelum
dan sesudah kegiatan,tepat waktu saat datang ke sekolah, menyusun mainan
setelah bermain, mengerjakan tugas sesuai dengan waktu yang diberikan oleh
guru. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan sikap disiplin dengan metode
pembiasaan di RA Sinar Pelangi Patemon.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif
tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan selama 2 minggu yang dimulai
dari Minggu ke-1 tanggal 4Januari 2021sampai 6 Januari 2021, Minggu ke-2
tanggal 11 Januari 2021 sampai 13 Januari 2021. Subyek penelitian adalah anak
kelompok B yang berjumlah 16 anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 10 anak
perempuan. Prosedur penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang
terdiri 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu 1) membuat
perencanaan, 2) melakukan tindakan, 3) mengadakan pengamatan tindakan, 4)
merefleksi hasil pengamatan tindakan, setiap siklus dilaksanakan 3 kali
pertemuan. Data yang telah dikumpulkan dalam penelitian tersebut dianalisis
dengan menggunakan teknik diskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku sikapdisiplinanak dapat
ditingkatkan
melalui
metode
pembiasaan.
Hal
ini
dibuktikan
dengan
meningkatnya jumlah anak yang menunjukan perilakudisiplindalam setiap kali
pertemuan baik dalam siklus I maupun siklus II. Pada awal tindakan terdapat 4
anak atau 25% yang menunjukan perilaku disiplin dengan penilaian baik.
Sedangkan akhir tindakan 13 anak atau 81,5% yang dapat menunjuak perilaku
disiplindengan baik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik
kesimpulan bahwa perilaku disiplinanakkelompok B di RA Sinar Pelangi
Patemon Tahun Pelajaran 2020/2021 dapat ditingkatkan melalui metode
pembiasaan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 05:08 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 05:08 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6864 |