FAUZI, MUHAMMAD FIKRI (2021) PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY TERHADAP KECERDASAN EMOSI SISWA KELAS XI SMK PALEBON SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
MUHAMMAD FIKRI FAUZI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Muhammad Fikri Fauzi. 17110139. “PENGARUH KONSELING
KELOMPOK
DENGAN
PENDEKATAN
RATIONAL
EMOTIVE
BEHAVIOR THERAPY TERHADAP KECERDASAN EMOSI SISWA
KELAS XI SMK PALEBON SEMARANG”. Skripsi Program Studi
Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Semarang. Pembimbing I Dra. Tri Suyati, M.Pd. pembimbing II Ismah, S.Ag.,
M.Pd. April 2021.
Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah kecerdasan
emosi siswa kelas XI SMK Palebon Semarang yang rendah. Tujuan yang
hendak dicapai peneliti adalah untuk megetahui pengaruh layanan konseling
kelompok REBT terhadap kecerdasan emosi siswa.
Dari hasil kuesioner didapatkan bahwa hasil sampel kelas XI OTKP yang
berjumlah 30 responden masih ada 33,33% siswa yang belum mampu melihat
secara realistis dan optimis, 29,97% siswa belum mampu mengungkapkan
amarah dengan tepat, 46,62% siswa masih belum mampu memusatkan diri
pada tugas, 53,28% siswa belum mampu mengetahui kebutuhan orang lain dan
26,64% siswa belum mampu untuk mudah bergaul dengan orang lain dimana
kelima poin ini merupakan pion yang terdapat dalam aspek kecerdasan emosi
yaitu aspek mengenal emosi diri, megelola emosi, memotivasi diri, mengenali
emosi orang lain dan membina hubungan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif melalui metode penelitian
True Experimental Design dengan model Pretest Posttest Group Design.
Dengan jumlah siswa 86 siswa. Kelas XI OTKP Iadalah kelas yang
dipergunakan untuk tryout sebanyak 32 siswa. Sampel dalam penelitian ini
adalah 10 siswa yang terdiri dari kelas XI BDP I, XI Multimedia I dan XI AKL
I yang diambil dengan purposive sampling.
Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa pada pengujian akhir atau setelah
diberikan perlakuan dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy,
tingkat kecerdasan emosi siswa berbeda secara nyata. Hal ini dibuktikan
dengan adanya perbedaan yang signifikan dari rata-rata kecerdasan emosi
responden siswa pada kelompok perlakuan dan kontrol dengan nilai t hitung >
daripada ttabel yaitu 2,56 > 1,96.
Saran yang dapat peneliti sampaikan hendaknya guru pembimbing di
sekolah memberikan layanan konseling kelompok berkenaan dengan
kecerdasan emosi
Kata Kunci : Konseling Kelompok REBT, Kecerdasan Emosi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 04:11 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 04:11 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6845 |