WIDYAWATI, WINDI (2021) UPAYA MENUMBUHKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL MELALUI TALKING DOLL PADA ANAK USIA 3 – 4 TAHUN DI KB PRATAMA KASIH SAYANG SAWAHBESAR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
WINDI WIDYAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
WINDI WIDYAWATI. NPM 18156035. “Upaya Menumbuhkan Karakter
Peduli Sosial Melalui Talking Doll Pada Anak Usia Dini Usia 3 – 4 Tahun Di KB
Pratama Kasih Sayang Kec. Gayamsari Kota Semarang Tahun Pelajaran
2020/2021. Skripsi Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu
Pendidikan UNIVERSITAS PGRI SEMARANG. UPGRIS Semarang,2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya rasa
peduli anak terhadap sesama terutama kepada teman dilingkungan sekolah. Hal
itu disebabkan pola asuh dilingkungan rumah.Sehingga peneliti mencoba
menerapkan kegiatan pembelajaran melalui talking doll untuk meningkatkan
kemampuan kepedulian sosial anak di KB Pratama Kasih Sayang.Untuk
mengetahui seberapa jauh teknik talking doll dapat meningkatkan kemampuan
kepedulian sosial, maka perlu dilakukan penelitian tindakan Tahun Ajaran
2020/2021.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif
tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah anak kelompok bermain usia 3 – 4
tahun yang berjumlah 10 anak yang terdiri 6 anak perempuan dan 4 anak laki-laki.
Prosedur penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2
siklus.Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu 1) membuat perencanaan, 2)
melakukan tindakan, 3) mengadakan pengamatan, 4) merefleksi hasil pengamatan
tindakan.Setiap siklus dilaksanakan 3 kali pertemuan. Data yang terkumpul dalam
bentuk tabel dan grafik menjelaskan setiap indikator pada siklus setiap pertemuan.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh, mengumpulkan dan
menganalisis data yang digunakan dalam observasi sesuai kebutuhan dilapangan
mengenai pemahaman sikap peduli anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kepedulian anak dapat meningkat melalui kegiatan talking doll. Hal ini dibuktikan
dengan meningkatnya kepedulian terhadap teman sesuai indikator yang telah
ditentukan dalam setiap kali pertemuan baik dalam siklus I maupun siklus II. Pada
awal tindakan terdapat 2 anak atau 20% anak mampu bersikap peduli dengan
penilaian mulai berkembang.Sedangkan akhir tindakan 8 anak atau 80% anak
mampu bersikap peduli dengan penilaian berkembang sangat baik.Berdasarkan
hasil penelitian dapat disampaikan bahwa pembelajaran menggunakan talking
dollmembuat anak tertarikkarena media yang digunakan dapat digerakkan
jugasebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 03:46 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 03:46 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6830 |