UPAYA PENINGKATAN KOMUNIKASI LISAN PADA ANAK USIA DINI MELALUI MENDONGENG USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM TELADAN BINA FITRAH GEDAWANG BANYUMANIK KOTA SEMARANG

NINGSIH, WAHYULIYATI LISTIYA (2021) UPAYA PENINGKATAN KOMUNIKASI LISAN PADA ANAK USIA DINI MELALUI MENDONGENG USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM TELADAN BINA FITRAH GEDAWANG BANYUMANIK KOTA SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of WAHYULIYATI LISTIYA NINGSIH.pdf] Text
WAHYULIYATI LISTIYA NINGSIH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Wahyuliyati Listiya Ningsih. NPM 18156036. “Upaya Peningkatkan Komunikasi
Lisan Melalui Mendongeng Usia 5-6 tahun Di TK Islam Teladan Bina Fitrah
Gedawang Kecamatan Banyumanik Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas
Ilmu Pendidikan UNIVERSITAS PGRI Semarang. UPGRIS Semarang. 2021
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah komunikasi lisan
yang kurang menjadi perhatian karena situasi pandemi saat ini. Komunikasi lisan
juga kurang menjadi perhatian karena system Pendidikan yang lebih
mengembangkan kemampuan akademik seperti membaca dan berhitung. Anak
belum dapat berkomunikasi dengan baik. Serta kurangnya pembelajaran yang
menggunakan metode mendongeng. Sehingga anak menjadi tidak percaya diri
dalam berkomunikasi dengan orang lain. Tujuan penelitian ini untuk
meningkatkan komunikasi lisan melalui mendongeng usia 5-6 tahun di TK Islam
Teladan Bina Fitrah Gedawang Kecamatan Banyumanik Semarang Tahun
Pelajaran 2020/2021.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif
tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada semester Genap selama 2
minggu yang dimulai dari tanggal 14 April sampai 21 April 2021. Subyek
penelitian adalah anak kelompok TK B yang berjumlah 16 anak yang terdiri dari 6
anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Prosedur penelitian menggunakan
penelitian tindakan kelas yang terdiri 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari empat
tahapan yaitu 1) membuat perencanaan, 2) melakukan tindakan, 3) mengadakan
pengamatan tindakan, 4) merefleksi hasil pengamatan tindakan, setiap siklus
dilaksanakan 3 kali pertemuan. Data yang telah dikumpulkan dalam penelitian
tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik diskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi lisan
dengan mendongeng dapat meningkatkan bahasa dan perbendaharaan kata yang
banyak dan benar. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah anak yang
mempunyai kemampuan komunikasi dalam setiap kali pertemuan baik dalam
siklus I maupun siklus II. Pada awal tindakan terdapat 1 anak atau 6,25% yang
mempunyai kemampuan komunikasi lisan dengan penilaian baik. Sedangkan
akhir tindakan 12 anak atau 75% yang dapat berkomunikasi dengan baik.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa
kemampuan berkomunikasi lisan pada kelompok B di TK Islam Teladan Bina
Fitrah Gedawang Kecamatan Banyumanik Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021
dapat ditingkatkan melalui mendongeng.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Oct 2024 03:20
Last Modified: 25 Oct 2024 03:20
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6811

Actions (login required)

View Item
View Item