LISTIOWATI, WAHYU TUTI (2021) ANALISIS PERKEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN DALAM KEGIATAN SENI KRIYA DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 39 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
WAHYU TUTI LISTIOWATI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
WAHYU TUTI LISTIOWATI. NPM 17150029. “ Analisis Perkembangan
Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun dalam Kegiatan Seni Kriya di TK Aisyiyah
Bustanul Athfal 39 Semarang “. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI
Semarang. Pembimbing I Purwadi S.Pd., M.Pd. Pembimbing II Nila
Kusumaningtyas S.T., M.Pd. 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah pengembangan
kreativitas pada anak usia dini yang harus dikembangkan sebagai salah satu upaya
untuk mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh anak. Kreativitas yang dimiliki
oleh anak usia 5-6 Tahun masih terdapat beberapa kelemahan, diantaranya anak
yang belum mampu mengkungkapkan idenya sendiri dan cenderung hanya
mencontoh guru.
Permasalahan
dalam
penelitian
ini
adalah
bagaimana
menganalisis
perkembangan kreativitas anak usia 5-6 tahun dalam kegiatan seni kriya di TK
Aisyiyah Bustanul Athfal 39 Semarang. Serta apa saja faktor pendukung dan
penghambat yang dialami. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini
adalah untuk mengetahui bagaimana perkembangan kreativitas anak dalam
kegiatan seni kriya di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 39 Semarang.
Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sampel penelitian yaitu siswa
kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal yang berjumlah 18 anak. Data di
dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kegiatan seni kriya anak-anak
mampu menunjukkan aspek kelancaran, keluwesan, keterperincian dan keaslian
dalam berkegiatan. Dimana aspek-aspke tersbut merupakan indikator dalam
kreativitas. Sehingga ketika aspek tersebut berkembang makan menunjukkan
perkembangan kreativitas yang di miliki oleh anak. Terdapat pula faktor
pendukung yang mampu mendukung anak dalam meningkatkan daya
kreativitasnya seperti tersedianya lingkungan yang nyaman serta alat dan bahan
yang menarik. Selain itu ada pula faktor penghambat diantaranya kurangnya
pemahaman orang tua dalam penggunaan bahan untuk anak berkreasi.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah perlu
adanya sosialisasi kepada orang tua dalam pemanfaatan bahan-bahan yang dapat
menunjang kreativitas anak dalam kegiatan.
Kata Kunci : Anak Usia Dini, Kreativitas, Seni Kriya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 03:18 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 03:18 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6809 |