KAROLINA, MONIKA AYU (2021) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA RESEPTIF ANAK MELALUI WAYANG KREASI PADA KELOMPOK A DI TK PEMBINA ABA 54 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
MONIKA AYU KAROLINA 15150064.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
MONIKA AYU KAROLINA NPM 15150064. “Upaya Meningkatkan
Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Melalui Wayang Kreasi Pada Kelompok A Di
Tk Pembina Aba 54 Semarang. Tahun Pelajaran 2019/2020” Skripsi Program
Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2019.
Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui apakah melalui
metode bercerita dengan media wayang kreasi dapat meningkatkan kemampuan
bahasa reseptif anak Kelompok A Tk Pembina ABA 54 Semarang. Subyek
penelitian ini adalah peserta didik Kelompok A Tk Pembina ABA 54 Semarang
berjumlah 13 anak.
Metode penelitian dilakukan dengan tindakan kelas. Subjek penelitiannya
anak usia empat-lima tahun di TK PEMBINA ABA 54 Semarang, yang terdiri
dari tiga belas anak , di kecamatan Ngaliyan Semarang. Teknis analisis yang
digunakan adalah deskriptif kualitatif dan aktivitas anak-anak didik.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui metode bercerita dengan
menggunakan media wayang kreasi terbukti efektif dapat meningkatkan
kemampuan bahasa reseptif anak. Peningkatan kemampuan bahasa reseptif anak
terlihat pada kondisi pra siklus hanya 0% meningkat menjadi 7,7% di siklus I, dan
meningkat di siklus II menjadi 69,2% yang ditandai anak mampu berbicara
dengan kalimat sederhana dan jelas, mulai bertanya dengan suatu tujuan,
menjawab
pertanyaan
sederhana,
menceritakan
pengalaman
sederhana,
menceritakan kembali cerita yang didengarnya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 03:16 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 03:16 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6808 |