WULANDARI, WAHYU NURHIDAYAH NIKEN (2021) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERMUSIK PADA ANAK USIA 4 – 5 TAHUN DENGAN BERMAIN MUSIK ANGKLUNG DI RA AL MUNA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
WAHYU NURHIDAYAH NIKEN WULANDARI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
WAHYU NURHIDAYAH NIKEN WULANDARI, NPM 18156016, “Upaya
Meningkatkan Kemampuan Bermusik Pada Anak Usia 4 – 5 Tahun di RA Al
Muna, Semarang, Tahun Pelajaran 2020/2021”, Skripsi. Program Studi
Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan UNIVERSITAS PGRI
Semarang, UPGRIS, Semarang, 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya
kemampuan anak – anak dalam bermain musik, terutama alat musik angklung.
Dan tujuan dari penelitian ini adalah apakah ada peningkatan kemampuan anak
dalam bermusik setelah bermain musik angklung dan secara khusus penelitian ini
adalah untuk mengetahui upaya – upaya apa saja yang diberikan guru dalam
meningkatkan kemampuan bermusik setelah anak bermain musik angklung.
Penelitian ini dilaksanakan di RA Al Muna, Semarang, pada anak usia 4 – 5
tahun.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif
tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada semester Gasal selama 2
minggu yang dimulai dari tanggal 27 Januari sampai tanggal 5 Februari 2021.
Subyek penelitian adalah anak kelompok A yang berjumlah 24 anak, yang terdiri
dari 16 anak perempuan dan 8 anak laki – laki. Prosedur penelitian menggunakan
penelitian tindakan kelas yang terdiri 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari empat
tahapan, yaitu 1). membuat perencanaan 2). melakukan tindakan 3). mengadakan
pengamatan tindakan 4). merefleksi hasil pengamatan tindakan, setiap siklus
dilaksanakan 3 kali pertemuan. Data yang telah dikumpulkan dalam penelitian
tersebut dianalisis dengan menggunakan tehnik diskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan anak dalam bermusik
dapat ditingkatkan khususnya dalam bermain musik angklung. Hal ini dibuktikan
dengan adanya peningkatan kemampuan bermusik anak pada siklus I dengan
prosentase 71 % dan terjadi peningkatan yang signifikan pada siklus II yaitu
sebesar 87 %. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk semua
praktisi – praktisi pendidikan serta dapat mengembangkan dengan inovasi baru
dalam bermain musik angklung, agar kemampuan dalam bermain musik angklung
pada anak didik semakin bertambah baik dalam pembelajaransejak dini hingga
dewasanya kelak.
Kata kunci : nada, irama, bermain musik, angklung.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 03:08 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 03:08 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6801 |