UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER ANAK TK A MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA 3D DI TKIT HARAPAN BUNDA SEMARANG

LUTFIANA, UMI (2021) UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER ANAK TK A MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA 3D DI TKIT HARAPAN BUNDA SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of UMI LUTFIANA_SKRIPSI.pdf] Text
UMI LUTFIANA_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

UMI LUTFIANA, NPM 18156027 “Upaya Meningkatkan Karakter Anak Tk
A Melalui Permainan Ular tangga 3D di TK IT Harapan Bunda Semarang"
Skripsi Program Studi Pendidikan Guru PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang 2021.
Pendidikan karakter mengandung tiga unsur pokok, yaitu mengetahui
kebaikan (knowing the good), mencintai kebaikan (loving the good), dan
melakukan kebaikan (doing the good). Pendidikan Karakter tidak sekedar
mengajarkan mana yang benar dan mana yang salah kepada peserta didik, tetapi
lebih dari itu pendidikan karakter menanamkan kebiasaan (habituation) tentang
yang baik sehingga peserta didik paham, mampu merasakan, dan mau melakukan
yang baik.
Untuk permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Anak-anak masih
berlarian di kelas guru mengingatkan untuk jalan pelan (2) Anak-anak masih
berebut mainan guru memberi tahu untuk saling berbagi (3) Anak-anak kalau
sedang marah guru menenangkan untuk baca istighfar (4) Anak-anak masih
mencium menggunakan telinga dan pipi saat salim kepada guru, padahal yang
benar adalah mencium menggunakan hidung (5) Anak-anak masih minum
dengan berdiri guru harus mengingatkan terus untuk duduk (6) Anak-anak masih
perlu pendampingan untuk disiplin peraturan kelas
Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan karakter tanggung jawab
dan kerja keras anak TK A melalui media Ular tangga 3D. Subjek penelitian ini
adalah anak berusia (4-5) tahun yang berjumlah 10 anak terdiri dari 5 anak laki-
laki dan 5 anak perempuan pada tahun ajaran 2020-2021. Teknik pengumpulan
data menggunakan lembar observasi. Hasil analisis data menunjukkan adanya
peningkatan karakter tanggung jawab dari Siklus I dan Siklus II secara berturut-
turut sebagai berikut: pada Siklus I terdapat 5 anak (50%) yang mendapatkan
nilai minimal dengan kriteria berkembang sesuai harapan (BSH). Pada siklus II
terdapat 8 anak (80%) yang mendapatkan nilai minimal dengan kriteria
berkembang sesuai harapan (BSH). Berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan
yaitu minimal 75% anak dalam kelas mendapatkan nilai minimal berkembang
sesuai harapan. Untuk itu pada siklus II penelitian di hentikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Oct 2024 01:51
Last Modified: 25 Oct 2024 01:51
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6747

Actions (login required)

View Item
View Item