Rochmah, Ula (2021) DAMPAK PERCERAIAN ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KEDUNG JEPARA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Ula Rochmah.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Ula Rochmah. NPM. 14110009 “Dampak Perceraian Orangtua Terhadap
Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kedung Jepara”. Skripsi.
Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas
PGRI Semarang. SitiFitrianaS.Pd.,M.Pd., Kons,M.A. Primaningrum Dian, S.Psi.,
M.Psi.,Psi. Juli. 2021.
Tujuan yang dicapai pada penelitan ini mendeskripsikan, tujuan penelitian
ini untuk mengetahui apakah dampak perceraian orangtua berpengaruh terhadap
prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Kedung Jepara. Penelitian ini
berlokasi di SMP Negeri 2 Kedung Jepara. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode naratif deskriptif. Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa yang mengalami dampak perceraian dari kedua
orangtua. Hasil penelitian yang diperoleh: dari hasil penelitian ditemukan bahwa
perceraian kedua orang tua memberikan dampak terhadap prestasi siswa. Dampak
tersebut bisa berupa dampak negatif, yaitu menurunnya motivasi belajar,
keaktifan siswa saat pembelajaran, perilaku menarik diri, membatasi hubungan
sosial dan ketidakdisiplinan. Selain dampak negatif, perceraian juga memberikan
dampak positif terhadap nilai akademis dan perkembangan siswa, yaitu membuat
siswa memiliki mental yang lebih kuat dan matang sehingga mempengaruhi
perilaku siswa di kelas. Siswa dengan dampak positif memiliki keaktifan yang
baik dan nilai rata-rata yang tinggi di kelas, hubungan sosialnya pun baik dan
tidak sering terlihat murung atau pun menyendiri.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 08:16 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 08:16 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6716 |