PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI PERMAINAN PUZZLE GEOMETRI PADA ANAK KELOMPOK B DI TK KARTINI 1 DESA KEBONAGUNG KECAMATAN KEBONAGUNG KABUPATEN DEMAK

HARTATININGSIH, TRISNAWATI (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI PERMAINAN PUZZLE GEOMETRI PADA ANAK KELOMPOK B DI TK KARTINI 1 DESA KEBONAGUNG KECAMATAN KEBONAGUNG KABUPATEN DEMAK. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of TRISNAWATI H.pdf] Text
TRISNAWATI H.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Trisnawati Hartatiningsih (NPM 19156047),“Peningkatan Kemampuan
Kognitif Melalui Permainan Puzzle Geometri Pada Anak Kelompok B Di TK
Kartini 1 Desa Kebonagung Kecamatan Kebonagung Kabupaten Demak”. Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu
Pendididkan Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Muniroh
Munawar,S.Pi,M.Pd. Dosen Pembimbing II Dwi Prasetiyawati,D.H, M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah masih rendahnya
kemampuan kognitif anak dalam mengenal bentuk geometri, karena kurangnya
penggunaan media yang tepat. Masalah dalam penelitian ini tentang peningkatan
kemampuan kognitif melalui permainan puzzle geometri pada anak kelompok B di
TK Kartini 1 Desa Kebonagung Kecamatan Kebonagung Kabupaten Demak
Tahun Ajaran 2020/2021. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan
kemampuan kognitif anak melalui permainan Puzzle Geometri.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini di
rancang dengan menggunakan model siklus yang dimulai dengan pengamatan
prasiklus. Kemudian di laksanakan tindakan perbaikan pada siklus I dan II,
masing-masing siklus di laksanakan 3 kali pertemuan. Setiap pertemuan terdiri
atas empat tahapan yaitu, (1) Membuat rencana tindakan (Planning), (2)
Melaksanakan tindakan (Acting), (3) Mengadakan Pengamatan (Observing), (4)
Mengadakan refleksi (reflecting), hasil refleksi menjadi masukan pada
perencanaan untuk siklus berikutnya. Indikator penilaian dalam penelitian ini
adalah (1) Anak mampu mengelompokkan bentuk puzzle geometri sesuai dengan
bentukya , (2) Anak mampu menyusun puzzle geometri sesuai dengan ukuran dan
bentuk dari yang besar sampai yang kecil (3) Anak mampu menyebutkan
lingkaran dan persegi serta warna merah, kuning, hijau dengan benar.
Hasil pengamatan menunjukkan bahwa hasil ketuntasan mengalami grafik
peningatan setiap pertemuannya, di mana dapat di ketahui bahwa hasil akhir
prasiklus sebanyak 3 anak atau 15.78% mendapat nilai baik, siklus I sebanyak 12
anak atau 63,15% kreteria baik sedangkan di siklus II yang mencapai nilai baik
sebanyak 16 anak atau 84,21% dengan demikian dapat di sampaikan dalam
penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan bermain puzzle dapat meningkatkan
kemampuan kognitif pada anak di TK Kartini 1 Desa Kebonagung Kecamatan
Kebonagung Kabupaten Demak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Oct 2024 07:47
Last Modified: 24 Oct 2024 07:47
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6684

Actions (login required)

View Item
View Item