SHOLEKHAH, MAR’ATU (2021) ANALISIS PERAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 PESERTA DIDIK KELAS VI SD ISLAM NURUL QOMAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
MAR’ATU SHOLEKHAH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (20MB)
Abstract
MAR’ATU SHOLEKHAH. NPM 19126001. “Analisis Peran Orang Tua
Terhadap Motivasi Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19 Peserta Didik Kelas VI
SD Islam Nurul Qomar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI
Semarang. 2021. Dosen pembimbing I Khusnul Fajriyah, S.Pd., M.Pd. dan dosen
pembimbing II Henry Januar Saputra, S.Pd., M.Pd..
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kondisi pandemi
covid-19 yang mengakibatkan anak harus sekolah dan belajar dari rumah. Hal ini
berpengaruh terhadap motivasi peserta didik. Orang tua perlu melakukan
perannya
dalam
mendidik,
mendampingi,
membimbing,
memotivasi,
memfasilitasi belajar peserta didik secara berkelanjutan, dan memantau peserta
didik ketika pembelajaran di rumah agar peserta didik belajar secara efektif.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah peran orang
tua terhadap motivasi belajar pada masa pandemi covid-19 peserta didik kelas VI
SD Islam Nurul Qomar?, 2) Apakah kesulitan yang dihadapi orang tua dalam
melaksanakan perannya terhadap motivasi belajar pada masa pandemi covid-19
peserta didik kelas VI SD Islam Nurul Qomar? Tujuan yang hendak dicapai dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua terhadap motivasi belajar
dan kesulitan yang dihadapi orang tua dalam melaksanakan perannya terhadap
motivasi belajar pada masa pandemi covid-19 peserta didik kelas VI SD Islam
Nurul Qomar.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu orang tua peserta didik dan guru wali
kelas VI. Penulis berperan sebagai pewawancara langsung untuk menggali data
melalui orang tua dan guru wali kelas VI.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua melaksanakan peran
sebagai orang tua dan guru di rumah, sebagai fasilitator menyediakan semua
kebutuhan anak demi menunjang kenyamanan dan proses belajar anak, serta
sebagai motivator. Kesulitan yang dialami orang tua terhadap motivasi belajar
pada masa pandemi covid-19 diantaranya: anak malas untuk belajar; latar
belakang pendidikan orang tua mempengaruhi tingkat kemudahan dan kesulitan
orang tua dalam mendidik anak; tingkat ekonomi orang tua mempengaruhi proses
pembelajaran secara daring terutama dalam hal memfasilitasi pembelajaran daring
anak; kesulitan membagi waktu antara anak dan pekerjaan.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
diharapkan penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan perbandingan dan
referensi untuk penelitian selanjutnya agar lebih baik dan sebagai bahan
pertimbangan untuk lebih memperdalam penelitian selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 07:45 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 07:45 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6681 |