UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK MIRYAM DENGAN MEDIA BERMAIN PASIR SINTETIS

Dewanta, Ignatia Claudia Artha (2021) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK MIRYAM DENGAN MEDIA BERMAIN PASIR SINTETIS. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI Ignatia Claudia Artha Dewanta.pdf] Text
SKRIPSI Ignatia Claudia Artha Dewanta.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

IGNATIA CLAUDIA ARTHA DEWANTA. NPM 18156042. “Upaya Meningkatkan
Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Miryam Dengan Media
Bermain Pasir Sintetis”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan
AnakUsia Dini Fakultas Ilmu pendidikan UNIVERSITAS PGRI Semarang. UPGRIS
Semarang. 2021
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah mengenai kemampuan
motorik halus yaitu terdapat permasalahan dari aspek perkembangan motorik halus
pada anak, yaitu anak belum mampu melakukan gerakan koordinasi mata dan tangan
hal ini terjadi dikarenakan motorik halus kurang diperhatikan dan kegiatan yang
dilakukan kurang menarik bagi anak serta kurangnya pemberian rangkaian gerakan
pada suatu objek dalam pembelajaran, mengakibatkan anak mudah bosan saat
melakukan aktivitas motorik halus dikarenakan kurangnya gerakan yang beragam
serta saat pembelajaran motorik halus banyak anak yang terlihat kurang antusias
dalam melakukannya, ada juga anak yang pasif tidak mengikuti instruksi yang di
berikan oleh guru, kurangnya fasilitas untuk pengembangan motorik halus, serta
Kurangnya rangsangan saat melakukan aktifitas pengkoordinasian mata dan tangan
saat kegiatan awal pembelajaran mengenai motorik halus sehingga anak cenderung
lebih cepat lelah dan kurang percaya diri dan kurangnya waktu untuk melakukan
kegiatan disekolah disebabkan karena pandemi covid-19 yang tengah melanda dunia.
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan motorik halus
kelompok A melalui metode bermain pasir sintetis di TK Miryam Semarang Tahun
Ajaran 2020/2021”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kualitatif tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada semester Gasal
selama 2 minggu yang dimulai dari tanggal 10 Mei 2021 sampai 19 Mei 2021. Subyek
penelitian adalah anakkelompok RA B3 yang berjumlah 14 anak yang terdiridari 11
anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Prosedur penelitian menggunakan penelitian
tindakan kelas yang terdiri 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu 1)
membuatperencanaan, 2) melakukantindakan, 3) mengadakan pengamatan tindakan,
4) merefleksi hasil pengamatan tindakan, setiap siklus dilaksanakan 3 kali pertemuan.
Data yang telah dikumpulkan dalam penelitian tersebut dianalisis dengan
menggunakan teknik deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus dapat
ditingkatkan melalui bermain pasir sintetis. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya
jumlah anak yang mempunyai kemampuan motorik dalam setiap kali pertemuan baik
dalam siklus I maupun siklus II. Pada awal tindakan terdapat 53% yang mempunyai
kemampuan motorik dengan penilaian baik. Sedangkan akhir tindakan 80% yang
dapat mengkoordinasikan mata dan tangan dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian
dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan motorik halus kelompok
A di TK Miryam Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021 dapat ditingkatkan melalui
metode bermain pasir sintetis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Oct 2024 07:36
Last Modified: 24 Oct 2024 07:36
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6673

Actions (login required)

View Item
View Item