PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PSIKODRAMA TERHADAP EFIKASI DIRI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 29 SEMARANG

LAKSONO, LAKSONO (2021) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PSIKODRAMA TERHADAP EFIKASI DIRI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 29 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Tri Bowo Laksono.pdf] Text
Tri Bowo Laksono.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tri Bowo Laksono. 14110169.“Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok
Dengan Teknik Psikodrama Terhadap Efikasi Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 29
Semarang ”. Skripsi. Program Studi Bimbingan Dan Konseling. Fakultas Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Dra. Tri Suyati, M. Pd. Ismah, S. Ag., M.
Pd. Desember 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan
kelompok dengan teknik psikodrama terhadap efikasi diri siswa SMP Negeri 29
Semarang.
Metode penelitian yang digunakan adalah true eksperimental dengan pretest-
posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII
SMP N 29 PGRI Semarang tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 219 siswa yang
terdiri dari 7 kelas, satu kelas digunakan untuk try-out, sedangkan sampelnya terdiri
dari satu kelas yang digunakan sebagai sampel penelitian. Jumlah keseluruhan sampel
adalah 189 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik cluster random
sampling. Nilai efikasi diri siswa diperoleh dari nilai pre-test dan post-test. Analisis
yang digunakan untuk menguji validitas adalah korelasi product moment dan
reliabilitas menggunakan rumus alpha.
Hasil analisis uji t bahwa posttest diantara kelompok eksperimen dengan
kelompok kontrol didapatkan hasil thitung = 10,3. Untuk memastikan apakan perbedaan
tersebut signifikan maka hasil tersebut dikonsultasikan dengan ttabel.. Dengan db =
(n1+n2)-2 = (15+15)-2=28 dan taraf signifikan 5% maka diperoleh ttabel = 2,021.
Karena thitung = 10,3 ˃ ttabel = 2,021 maka thitung lebih besar dari ttabel artinya Ho ditolak
dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh layanan
bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama terhadap efikasi diri pada kelas VIII
SMP N 29 Semarang.”, Saran yang dapat peneliti sampaikan hendaknya guru
pembimbing
di
sekolah
memberikan
layanan
lanjutan
berkenaan
dengan
pengembangan efikasi diri.
Kata kunci : Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Psikodrama, Efikasi
Diri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Oct 2024 07:19
Last Modified: 24 Oct 2024 07:19
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6653

Actions (login required)

View Item
View Item