-, SYEFIYANTI (2021) PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI KELOMPOK USIA 4-5 TAHUN MELALUI KEGIATAN PLAYDOUGH DI TK ISLAM NURUL IMAN MENJANGAN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SYEFIYANTI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
SYEFIYANTI. NPM 18156046. “Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini
Kelompok Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Playdough Di Tk Islam Nurul Iman
Menjangan Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan
UNIVERSITAS PGRI Semarang. UPGRIS Semarang. 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah mengenai kreativitas
yaitu terdapat permasalahan dari aspek kreativitas pada anak, yaitu kreativitas
anak belum berkembang dengan baik. Anak belum mampu atau belum lancar
dalam mengembangkan kreativitas saat bermain playdough sesuai perintah, hal ini
terjadi dikarenakan kegiatan bermain yang dilakukan kurang menarik bagi anak,
terbatasnya media yang digunakan dan kurangnya waktu bermain yang
mengakibatkan anak mudah bosan saat melakukan aktivitas bermain playdough,
kurangnya fasilitas untuk bermain playdough, serta sehingga anak cenderung
kurang percaya diri untuk melakukan kegiatan bermain playdough.
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kreativitas kelompok usia 4-5
tahun melalui kegiatan bermain playdough di TK Islam Nurul Iman Menjangan,
Semarang, Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah metode kualitatif tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan
pada semester Genap selama 6 minggu yang dimulai dari tanggal 1 Maret 2021
sampai 12 April 2021. Subyek penelitian adalah anak kelompok usia 4-5 tahun
yang berjumlah 22 anak yang terdiri dari 16 anak laki-laki dan 6 anak perempuan.
Prosedur penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri 2 siklus.
Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu 1) membuat perencanaan, 2)
melakukan tindakan, 3) mengadakan pengamatan tindakan, 4) merefleksi hasil
pengamatan tindakan, setiap siklus dilaksanakan 3 kali pertemuan. Data yang
telah dikumpulkan dalam penelitian tersebut dianalisis dengan menggunakan
teknik deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas dapat ditingkatkan
melalui kegiatan bermain playdough. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya
jumlah anak yang mempunyai kreativitas dalam setiap kali pertemuan baik dalam
siklus I maupun siklus II. Pada tahap pra siklus terdapat 3 anak atau 14% yang
mempunyai kreativitas dengan penilaian berkembang sesuai harapan. Sedangkan
akhir tindakan 20 anak atau 91% yang dapat berkreativitas berkembang sesuai
harapan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan
bahwa kreativitas kelompok usia 4-5 tahun di TK Islam Nurul Iman Menjangan
Tahun Pelajaran 2020/2021 dapat ditingkatkan melalui kegiatan bermain
playdough.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 04:13 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 04:13 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6584 |