SUTARSIH, - (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI PERMAINAN DAKON GEOMETRI PADA ANAK KELOMPOK A DI TK ANUGERAH KP DUWET KADILANGU KECAMATAN DEMAK KABUPATEN DEMAK TAHUN AJARAN 2020/2021. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SUTARSIH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Sutarsih (NPM 18156127) “Peningkatan Kemampuan Mengenal Bentuk
Geometri Melalui Permainan Dakon Geometri Pada Anak Kelompok A Di
TK Anugerah Kp Duwet Kadilangu Demak” Skripsi. PG.PAUD. Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Muniroh
Munawar, S.Pi, M.Pd., Dosen Pembimbing II Dwi Prasetiyawati D.H, S.Pd,
M.Pd.
Penelitian ini di latar belakangi adanya hasil kemampuan mengenal
bentuk geometri masih rendah. Selain itu kemampuan memahami bentuk-
bentuk geometri masih dalam kriteria kurang, hal tersebut disebabkan oleh
beberapa penyebab yaitu, penggunaan media pembelajaran yang digunakan
terbatas. Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk meningkatkan
kemampuan mengenal bentuk geometri melalui permainan dakon geometri
pada anak Kelompok A di TK ANUGERAH KP Duwet Kadilangu Demak.
Bentuk geometri yang dikenalkan adalah segi empat, segitiga, dan lingkaran.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas
(PTK), dilakukan bekerja sama dengan guru kelas. Subjek penelitian sebanyak
18 anak, Objek penelitian adalah kemampuan mengenal bentuk geometri
melalui permainan dakon geometri. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, dokumentasi, dan tes lisan. Instrumen penelitian menggunakan
lembar observasi check list, dokumentasi, dan panduan tes lisan. Teknik
analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Indikator
keberhasilan dalam penelitian ini adalah jika persentase kemampuan mengenal
bentuk geometri pada anak telah mencapai 80% dengan kriteria sangat baik.
Hasil penelitian diperoleh peningkatan kemampuan anak dalam
mengenal bentuk geometri melalui permainan dakon geometri bahwa dari
mulai dilaksanakan Pra Siklus ke Siklus I sampai pada siklus II pada masing-
masing indikator mengalami peningkatan secara bertahap. Mengelompokkan
bentuk geometri sesuai dengan ukuran, mengetahui (Mengucapkan dan memberi
nama bentuk geometri), memahami (Memberikan contoh bentuk yang sama
dengan bentuk geometri dan mendeskripsikan masing-masing gambar bentuk
geometri) dan menerapkan (Menggambar bentuk geometri, menyusun beberapa
bentuk geometri, bercerita mengenai benda yang disusun) mengalami peningkata,
pada pra siklus anak yang belum berkembang 16,67 %, mulai berkembang
50%, berkembang sesuai harapan sebesar 16,67 % dan yang berkembang
sangat baik sebesar 16,67 %, berlanjut ke siklus I kemampuan anak mulai
berkembang sebesar 33,33%, kemampuan anak berkembang sesuai harapan
50% dan berkembang sangat baik 16,67%, dengan kemampuan rata-rata anak
meningkan menjadi berkembang sesuai harapan peningkatan pada Siklus II
adalah pada anak mulai berkembang sebesar 5,56%, berkembang sesuai harapan
11,11% dan berkembang sangat baik sebesar 83,33%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 03:43 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 03:43 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6555 |