-, SULISTYONINGSIH (2021) UPAYA MEMBENTUK KARAKTER KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DENGAN PERMAINAN TRADISIONAL PADA KELOMPOK B1 TK TARBIYATUL ATHFAL 8 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SULISTYONINGSIH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
SULISTYONINGSIH,
NPM
18156100.”
Upaya
Membentuk
Karakter
Kemandirian Anak Usia Dini Dengan Permainan Tradisional Pada Kelompok B1
Tk Tarbiyatul Athfal 8 Semarang “Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan UNIVERSITAS PGRI
Semarang.UPGRIS Semarang.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah anak-anak belum mampu
merapikan mainan dan mengembalikan mainan pada tempatnya setelah
menggunakan mainan, menyelesaikan tugas dengan selalu bertanya atau harus
menunggu untuk ditemani, dan selalu meminta bantuan dalam menyelesaikan
sesuatu untuk kelompok B1 Tk Tarbiyatul Athfal 8 masih belum berkembang
secara optimal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya
membentuk karakter kemandirian anak usia dini dengan permainan tradisional ?
Tujuan penelitian ini untuk membentuk karakter kemandirian anak usia dini
dengan permainan tradisional pada kelompok B1 Tk Tarbiyatul Athfal 8
Semarang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif
tindakan kelas ( PTK ). Penelitian ini dilaksanakan pada semester Gasal selama 2
minggu yang dimulai dari tanggal 17 November 2020 sampai 3 Desember 2020.
Subjek penelitian adalah anak kelompok B1 yang berjumlah 15 anak yang terdiri
dari 11 anak perempuan dan 4 anak laki-laki. Prosedur penelitian menggunakan
penelitian tindakan kelas yang terdiri 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari empat
tahapan yaitu 1) membuat perencanaan, 2) melakukan tindakan, 3) mengadakan
pengamatan tindakan, 4) merefleksi hasil pengamatan tindakan, setiap siklus
dilaksanakan 3 kali pertemuan. Data yang telah dikumpulkan dalam penelitian
tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam membentuk karakter
kemandirian anak usia dini dapat ditingkatkan melalui metode permainan
tradisional. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya membentuk karakter
kemandirian anak usia dini dalam setiap kali pertemuan baik dalam siklus I
maupun siklus II.Pada awal tindakan terdapat 2 anak atau 13,3% yang
mempunyai karakter kemandirian dengan penilaian baik. Sedangkan akhir
tindakan 12 anak atau 80 % dalam membentuk karakter kemandirian dengan baik.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa
upaya membentuk karakter kemandirian anak usia dini pada kelompok B1 Tk
Tarbiyatul Athfal 8 Semarang dapat ditingkatkan melalui permainan tradisional.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 03:21 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 03:21 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6527 |