TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VIII SMP DITINJAU DARI KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL

PUTRI, LANSA EGGY WIRAWAN (2021) TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VIII SMP DITINJAU DARI KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of LANSA EGGY WIRAWAN PUTRI.pdf] Text
LANSA EGGY WIRAWAN PUTRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Lansa Eggy Wirawan Putri.NPM 16110108: “Tingkat Kepercayaan Diri
Siswa Kelas VIII SMP Ditinjau Dari Keterampilan Komunikasi Interpersonal”
Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Semarang. 2021.
Kurangnya rasa percaya diri menjadi masalah di SMP Negeri 3
Randudongkal, pada siswa kelas VIII mengalami masa dimana dirinya
memikirkan penilaian orang lain terhadap dirinya sendiri, terkait dengan prestasi,
penampilan, maupun fisik yang dimiliki. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
gambaran kepercayaan diri siswa, untuk mengetahui gambaran mengenai
keterampilan komunikasi interpersonal siswa, dan menemukan seberapa tingkat
kepercayaan diri siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Randudongkal.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dalam bentuk
pendekatan korelasional.Sampel yang diambil adalah seluruh siswa kelas VIII A –
VIII G yang berjumlah 233 siswa dengan menggunakan teknik sampling jenuh.
Data penelitian ini diperoleh melalui pengisian skala psikologi menggunakan
sistem online melalui google form.
Hasil uji korelasi pearsonproduct moment diperoleh nilai r hitung 0,676.
Sedangkan nilai r tabel untuk jumlah sampel 200 dengan taraf siginifikansi 5%
didapat sebesar 0,138.Oleh karena nilai r hitung 0,676 > r tabel (0,138), maka
disimpulkan bahwa ada hubungan secara signifikan antara keterampilan
komunikasi interpersonal dengan kepercayaan diri pada siswa.Hubungan tersebut
menunjukkan hubungan positif, karena nilai r hitung yang diperoleh bertanda
positif. Hubungan positif tersebut memiliki arti bahwa jika ketrampilan
komunikasi interpersonal pada siswa semakin tinggi maka tingkat kepercayaan
diri pada siswa juga akan semakin tinggi. Kemudian, hubungan ini memiliki
tingkat derajat yang kuat, karena nilainya terletak antara 0,60-0,799.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya
keterampilan komunikasi interpersonal lebih dikembangkan, agar mendorong rasa
percaya diri lebih meningkatkan pada siswa.
Kata kunci: Komunikasi Interpersonal, Kepercayaan Diri

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Oct 2024 03:08
Last Modified: 24 Oct 2024 03:08
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6516

Actions (login required)

View Item
View Item