UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR ANAK DIDIK DENGAN MEDIA LOOSE PARTS KELOMPOK B RA IBROHIMIYYAH BRUMBUNG MRANGGEN DEMAK

WAHYUNI, SRI (2021) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR ANAK DIDIK DENGAN MEDIA LOOSE PARTS KELOMPOK B RA IBROHIMIYYAH BRUMBUNG MRANGGEN DEMAK. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SRI WAHYUNI.pdf] Text
SRI WAHYUNI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

SRI WAHYUNI. NPM 18156154. “Upaya Meningkatkan Kreativitas Belajar
Anak Didik Dengan Media Loose Parts Kelompok B di RA Ibrohimiyyah Tahun
Ajaran 2020/2021”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak
Usia Dini Fakultas Ilmu pendidikan UNIVERSITAS PGRI Semarang. UPGRIS
Semarang. 2021
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah Kenyataan di
lapangan banyak anak yang belum menemukan cara yang tepat untuk
anak-anak dalam berkreativitas untuk menyatakan ide, fikiran dan kebutuhannya,
anak masih suka asik bermain sendiri, anak belum mengerti akan menuanggkan
ide-ide kreatifnya, dan anak belum dapat mengembangkan kreativitasnya. Peneliti
menemukan permasalahan dilapangan pada anak usia 5-6 Tahun di RA
Ibrohimiyyah Brumbung Mranggen Demak terhadap perkembangan kreativitas
anak sangat rendah. Hal ini ditunjukkan dengan 18 dari 20 anak belum
menemukan cara yang tepat untuk menuangkan rangkaian ide-ide kreatifnya dan
cenderung pasif. Peneliti menggunaan metode belajar dengan menggunakan
media loose parts supaya anak lebih bervariaif dan menarik minat belajar anak
didik menjadi aktif. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan
kreativitas belajar anak didik dengan media loose parts di RA Ibrohimiyyah
Brumbung Mranggen Demak Tahun Ajaran 2020/2021.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif
tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada semester Genap selama 2
minggu yang dimulai dari tanggal 29 Maret sampai 7 April 2021. Subyek
penelitian adalah anak kelompok RA B2 yang berjumlah 20 anak yang terdiri dari
13 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Prosedur penelitian menggunakan
penelitian tindakan kelas yang terdiri 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari empat
tahapan yaitu 1) membuat perencanaan, 2) melakukan tindakan, 3) mengadakan
pengamatan tindakan, 4) merefleksi hasil pengamatan tindakan, setiap siklus
dilaksanakan 3 kali pertemuan. Data yang telah dikumpulkan dalam penelitian
tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik diskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kreativitas belajar anak
didik dapat ditingkatkan melalui metode loose parts. Hal ini dibuktikan
dengan meningkatnya jumlah anak yang mempunyai kemampuan kreativitas yang
sesuai dalam setiap kali pertemuan baik dalam siklus I maupun siklus II. Pada
awal tindakan terdapat 2 anak atau 10% yang mempunyai kemampuan
berkreativitas
dengan
penilaian
baik.
Sedangkan
akhir
tindakan
17
anak atau 85% yang dapat menggunakan kreativitasnya yang sesuai dengan
kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik
kesimpulan bahwa kemampuan kreativitas belajar anak didik kelompok B di RA
Ibrohimiyyah Brumbung Mranggen Demak Tahun Ajaran 2020/2021 dapat
ditingkatkan melalui media loose parts.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Oct 2024 02:43
Last Modified: 24 Oct 2024 02:43
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6494

Actions (login required)

View Item
View Item