LAILATUNNISFI, - (2021) KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTU MEDIA MONTASE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MUATAN TEMATIK KELAS 3 SD NEGERI KEMIRI 01 BATANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
LAILATUNNISFI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
LAILATUNNISFI. NPM 16120282. “Keefektifan Model Project Based learning
Berbantu Media Montase terhadap Hasil Belajar Siswa Muatan Tematik Siswa
Kelas 3 SD Negeri Kemiri 01 Batang”. Skripsi. Program Studi pendidikan
Sekolah Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Univwrsitas PGRI
Semarang. Pembimbing I Rofian, S.Pd., M.Pd. Pembimbimg II Diana Endah
Handayani, S.Pd., M.Pd. Desember. 2020.
Peneltian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang berpusat pada guru dan
penyampaian pada kegiatan pembelajaran yang masih menggunkan metode
ceramah, sedangkan pada kurikulum 2013 pembelajaran harus berpusat kepada
siswa. Hal tersebut membuat pesertadidik cenderunglebih pasif dan belum
berperan aktif pada kegiatan belajar mengajarketika berlangsung sehingga
aktivitas belajar peserta didik rendah.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan model
pembelajaran project based learning dapat meningkatkan hasil belajar muatan
tematik pembelajarn 1 sampai 3 kelas 3 SD Negeri Kemiri 01 Batang dan
mengatahui keefektifan dari model project based learning tersebut.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk pre-expirimental
design dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design populasi pada penelitian
ini yaiutu kela 3 dengan sampel berjumlah 24 siswa dengan menggunakan teknik
sampling jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
metode tes (pretest-posttest) dan dokumentasi. Instrument dalam penelitian ini
adalah tes berupa pilihan ganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, taraf
kesukaran, dan daya pembeda.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, data yang diperoleh
tentang hasil perhitungan rata-rata nilai pretest yaitu 70 dan rata-rata nilai posttest
yaitu 90. Dari hasil perhitungan uji t dengan dk=23 dan taraf nyata maka
diperoleh nilai = 2,068, hasil perhitungan uji t diperoleh nilai =
5,839. Karena > yaitu 5,839 > 2,068, maka hipotesis dapat
diterima.Dengan demikian dapat disimpulkan model project based learning
berbantu media montase efektif terhadap hasil belajar muatan tematik kelas 3 SD
Negeri Kemiri 01 Batang.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah pembelajaran
dengan menggunakan model project based learning berbantu media montase dapat
dijadikan inovatif pembelajaran yang menyenangkan, aktif serta mningkatkan kreativitas
peserta didik.
Kata kunci: Project based learning, Montase, Muatan tematik
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 02:39 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 02:39 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6490 |