RIZKIAWAN, RACHMAD (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK MATERI MENGENAL BANGUN RUANG UNTUK SISWA KELAS IV SDN 02 PAMOTAN. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Rachmad Rizkiawan 19120078.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
RACHMAD RIZKIAWAN. NPM 19120078. “Pengembangan Media
Pembelajaran Pop-Up Book Materi Mengenal Bangun Ruang Untuk Siswa Kelas
IV SDN 02 Pamotan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Semarang. 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah tidak adanya
penggunaan media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran matematika dikelas.
Sehingga pada saat proses pembelajaran matematika peserta didik mudah jenuh dan
cenderung kurang memahami. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1)
Bagaimana pengembangan media Pop-Up Book materi bangun ruang untuk siswa
kelas IV sekolah dasar?, (2) Bagaimana validitas media Pop-Up Book materi
bangun ruang untuk siswa kelas IV sekolah dasar?.
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Untuk
mengetahui pengembangan media Pop-Up Book materi bangun ruang untuk siswa
kelas IV sekolah dasar, (2) Untuk mengetahui validitas media Pop-Up Book materi
bangun ruang untuk siswa kelas IV sekolah dasar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian RnD (Research and Development)
dalam bentuk pengembangan media konkrit yang diciptakan oleh peneliti. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 02 Pamotan. Sampel yang
diambil adalah 28 siswa kelas IV. Semua anggota digunakan sebagai sampel. Data
dalam penelitian ini diperoleh melalui pengisian angket, dokumentasi, observasi.
Hasil validasi yang dilakukan dengan ahli media Pop-Up Book Bangun
Ruang mendapatkan kategori sangat layak dengan skor penilaian sebesar 97%.
Sedangkan hasil validasi yang dilakukan dengan ahli materi media Pop-Up Book
Bangun Ruang mendapatkan kategori sangat layak dengan skor penilaian sebesar
90,6%. Pada uji lapangan, penilaian dari siswa kelas IV SD Negeri 02 Pamotan
mendapatkan skor sebesar 90,4%, respon guru kelas IV SD N 02 pamotan terhadap
media Pop-Up Book Bangun Ruang memperoleh skor sebesar 98,2%.
Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat disimpulkan adalah supaya
media pembelajaran Pop-Up Book Bangun Ruang dapat digunakan sebagai media
belajar yang mampu membantu guru dan siswa dalam proses pembelajaran agar
pembelajaran lebih bervariasi.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Pop-Up Book, Bangun Ruang
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 09 Jan 2024 06:28 |
Last Modified: | 09 Jan 2024 06:28 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/648 |