NURHAYATI, SRI (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI MEDIA BUKU BESAR (BIG BOOK) PADA PESERTA DIDIK KELOMPOK B TK TUNAS BANGSA KECAMATAN PATEBON KABUPATEN KENDAL TAHUN AJARAN 2020/2021. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SRI NURHAYATI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (880kB)
Abstract
SRI NURHAYATI, NPM 18156155 “Upaya Peningkatan Kemampuan
Membaca Melalui Media Big Book Pada Peserta Didik Kelompok B TK Tunas
Bangsa Kebonharjo Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal”. Skripsi Program
Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Pendidikan
Universitas PGRI Semarang 2021.
Subjek penelitian ini adalah sebagian dari peserta didik kelompok B TK
Tuns Bangsa Kebonharjo yang terdiri dari 2 siswa laki-laki dan 4 siswa
perempuan. Teknik pegumpulan data pada penelitain ini menggunakan observasi
dan wawancara.
Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media Big Book dapat
meningkatkan kemampuan membaca siswa kelompok B. Persentase pencapaian
nilai rata-rata kemampuan membaca mengalami peningkatan pada pratindakan
sebesar 17%, pada siklus I yaitu 50%, dan pada siklus II yaitu 83%. Peningkatan
didasarkan pada proses kemampuan membaca menggunakan media Big Book : 1)
Siswa mengamati media Big Book yang disiapkan guru, 2) Siswa memprediksi
tentang isi cerita dalam Big Book, 3) Guru memberikan contoh membaca Big
Book dengan lafal dan intonasi yang jelas, 4) Mencocokan prediksi siswa dengan
cerita yang telah dibaca, 5) Membacakan lagi dengan menunjuk kata per kata
Book dan diikuti oleh seluruh siswa, 6) Guru memberikan kesempatan siswa
untuk berkomentar dan bertanya terkait cerita dalam Big Book, 7) Siswa secara
berkelompok membaca cerita dalam Big Book, 8) Siswa membaca cerita dalam
Big Book satu per satu.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 02:26 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 02:26 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6476 |