ISTIANA, SRI (2021) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SENI TARI ANAK MELALUI TARI TRADISIONAL PADA PESERTA DIDIK POS PAUD MEKARSARI KECAMATAN SEMARANG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SRI ISTIANA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
SRI ISTIANA. NPM 18156062. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Seni Tari
Melalui Tari Tradisonal Di Pos Paud Mekarsari Kecamatan Seamarang Teangah
Tahun Pelajaran 2020/2021”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan
Anak Usia Dini Fakultas Ilmu pendidikan UNIVERSITAS PGRI Semarang.
UPGRIS Semarang. 2020
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah anak-anak belum
dapat bersosialisasi dengan teman sebayanya dan rendahnya kemampuan anak
didik dalam Seni Tari. Kurangnya kegiatan anak disebabkan karena adanya
berbagai pengaruh, terutama setelah anak mengenal media televisi dan memasuki
dunia pendidikan. Lingkungan yang tidak selalu sesuai dengan keinginannya
sehingga anak harus belajar menyesuaikan diri dengan tuntutan lingkungannya
termasuk perkembangan budaya Seni Tari. Permasalahan lain Tari tradisioana
yang kurang diperkenalkan kepada anak sehingga anak didik merasa asing
dengan tarian tersebut. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan
Seni Tari Anak melalui Tari tradisional pada peserta didik Pos Paud Mekarsari
Kecamatan Semarang Tengah Tahun Pelajaran 2020/2021.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif
tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada semester Gasal selama 2
minggu yang dimulai dari tanggal 16 November sampai 27 November 2020.
Subyek penelitian adalah anak yang berjumlah 20 anak yang terdiri dari 12 anak
laki-laki dan 8 anak perempuan. Prosedur penelitian menggunakan penelitian
tindakan kelas yang terdiri 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu 1)
membuat perencanaan, 2) melakukan tindakan, 3) mengadakan pengamatan
tindakan, 4) merefleksi hasil pengamatan tindakan, setiap siklus dilaksanakan 3
kali pertemuan. Data yang telah dikumpulkan dalam penelitian tersebut dianalisis
dengan menggunakan teknik diskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan seni tari dapat
ditingkatkan melalui Tari tradisional. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya
jumlah anak yang mempunyai kemampuan menari dalam setiap kali pertemuan
baik dalam siklus I maupun siklus II. Pada awal tindakan terdapat 3 anak atau
15% yang mempunyai kemampuan seni tari dengan penilaian baik. Sedangkan
akhir tindakan 16 anak atau 80% yang dapat menari dengan baik. Berdasarkan
hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan
Seni tari peserta didik Pos Paud Mekarsari Semarang Tengah Tahun Pelajaran
2020/2021 dapat ditingkatkan melalui tari tradisional .
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 02:20 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 02:20 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6469 |