HARTATIK, SRI (2021) PENINGKATAN KEDISIPLINAN DI SEKOLAH MELALUI TOKEN ECONOMIC PADA ANAK KELOMPOK A BA AISYIYAH SIWALAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SRI HARTATIK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Sri Hartatik. NPM 18156047. “Peningkatan Kedisiplinan di Sekolah Melalui
Token Economic pada Anak Kelompok A BA Aisyiyah Siwalan”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas
PGRI Semarang. 2021.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kedisiplian anak yang masih rendah.
Sebagian anak belum menunjukkan perilaku disiplin yaitu anak terlambat datang
sekolah, anak tidak mengikut senam pagi, saat bermain berebut mainan dengan
temannya dan anak belum mau merapikan mainan setelah digunakan, anak asyik
berbicara dan bermain pada saat berdoa.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan
kedisiplinan di sekolah melalui token economic pada anak Kelompok A BA
Aisyiyah Siwalan? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan anak
di sekolah melalui token economic pada anak Kelompok A BA Aisyiyah Siwalan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan
model Kemmis dan Mc. Taggart. Tempat penelitian ini yaitu di kelompok A BA
Aisyiyah Siwalan. Subjek penelitian ini berjumlah 18 anak yang terdiri dari 9
anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi. Penelitian ini dianggap berhasil apabila 80% anak, tingkat
kedisiplinannya berada pada kriteria berkembang sangat baik dan berkembang
sesuai harapan. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan anak dapat meningkat
melalui token ekonomi, yang dilakukan melalui langkah-langkah 1) guru atau
peneliti mengkondisikan anak untuk menjelaskan aturan main, 2) menunjukkan
papan token dan pengukuh menjelaskan bahwa token akan ditempelkan ketika
perilaku yang dinilai muncul, 3) menginformasikan bahwa ada empat indikator
atau perilaku yang akan dinilai,4) pada kegiatan akhir guru menunjukkan
perolehan token dengan mengumpulkan sebanyak 3-4 token untuk dapat
ditukarkan dengan hadiah atau pengukuh dari peneliti. Peningkatan dapat
dibuktikan dari hasil Pra Tindakan mencapai 38,9% (7 anak), pada Siklus I
meningkat menjadi 66,67% (10 anak) dan pada Siklus II meningkat menjadi
83,33% (15 anak). Kesimpulannya bahwa kedisiplinan anak dalam pembelajaran
dapat ditingkatkan melalui penerapan token economic.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah guru
hendaknya konsisten dalam menerapkan metode token economic. Guru hanya
memberikan token kepada anak yang berperilaku disiplin.
Kata kunci : kedisiplinan anak, token ekonomi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 02:17 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 02:17 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6466 |