HIDAYATI, KURNIA NUR (2021) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PEMBELAJARAN DARING KELAS V SDN DRESI WETAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
KURNIA NUR HIDAYATI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
KURNIA NUR HIDAYATI. NPM 17120146. “ Analisis Kesulitan Siswa Dalam
Pemecahan Masalah Matematika Pembelajaran Daring Kelas V SDN Dresi Wetan”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
PGRI Semarang. Aries Tika Damayani, S.Pd., M. Pd. dan Fajar Cahyadi, S. Pd., M. Pd.
September. 2020.
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran
matematika yang disebabkan pembelajaran dilaksanakan secara daring sehingga siswa
mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah matematika materi voume bangun
ruang. Hal tersebut menyebabkan hasil tes kemampuan siswa dalam mengerjakan soal
pemecahan masalah matematika rendah.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1)Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran
matematika materi bangun ruang secara daring ?, 2) Apa saja kesulitan belajar siswa
dalam menyelesaiakan soal pemecahan masalah matematika materi volume bangun ruang
? 3) Apa saja factor penyebab kesulitan dalam menyelesaiakan soal pemecahan masalah
matematika materi volume bangun ruang? Tujuan yang hendak dicapai adalah untuk
menganalisis dan mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran matematika secara
daring, kesulitan belajar serta factor penyebab kesulitan yang dialami oleh siswa kelas V
SDN Dresi Wetan dalam menyelesaikan soal pemecahan msalah matematika materi
volume bangun ruang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif
kualitatif. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Dresi Wetan yang
berjumlah 15 anak. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wwancara guru dan
siswa, observasi proses pembelajaran, tes kemampuan siswa, dan angket evalusai siswa.
Hasil analisis yang diperoleh adalah terdapat kendala dalam pembelajaran daring
dianataranya tidak tersampaikannya manfaat,cakupan materi, dan ketercapaian
kemampuan siswa, kemudian kurang aktifnya siswa dalammerespon guru serta belum
tersampaikannya informasi kegiatan selanjutnya. Kesulitan dalam menyesaikan soal
pemecahan masalah matematika materi volume bangun ruang yaitu 1) kesulitan
memahami masalah sebanyak 41% dengan kategori rendah, 2) kesulitan perencanaan
strategi sebanyak 55,5 % dengan kategori sedang, 3) kesulitan melaksanakan strategi
sebanyak 49 % dengan kategori rendah dan 4) Kesulitan pengecekan kembali sebanyak
63,75 % dengan kategori sedang Faktor penyebab kesulitan belajar dalam menyelesaikan
soal cerita matematika berasal dari faktor internal yang berasal dari siswa meliputi
rendahnya IQ, Sikap dan motivasi siswa dalam balajar matematika. Sedangkan, faktor
eksternal yang berasal dari luar siswa antara lain kurangnya variasi guru
dalampembelajaran, penggunaan media yang kurang maksimal, kuranya memadai sarana
dan prasarana pendukung, serta lingkungan keluarga.
Upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi kesulitan belajar matematika antara
lain mengajarkan dengan penggunaan media pembelajaran yang kongret, memperbanyak
latihan soal dan menjalin kerja sama dengan orang tua siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 02:02 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 02:02 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6455 |