KARUNIAWATI, DWI (2021) ANALISA BELAJAR DARI RUMAH DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK SEBAGAI STIMULASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH ANAK USIA 5-6 TAHUN PADA MASA PANDEMI COVID 19 TAHUN 2020. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
DWI KARUNIAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Dwi Karuniawati : Analisa Belajar Dari Rumah Dengan Pendekatan Saintifik
Sebagai Stimulasi Kemampuan Pemecahan Masalah Usia 5-6 Tahun Pada Masa
Pandemi Covid 19 Tahun 2020. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas
PGRI Semarang. November. 2020.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendiskripsikan tentang Analisa
Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik Sebagai Stimulasi Kemampuan
Pemecahan Masalah Anak Usia 5-6 Pada Masa Pandemi Covid 19 Tahun 2020.
Metode pada penelitian ini adalah kualitatif dengan objek penelitian sebanyak 5
anak. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi da
dokumentasi. Data dianalisis dengan menggambarkan secara deskriptif sesuai
dengan fakta yang ada. Mengunakan metode Reduksi data, data display dan
kesimpulan.
Hasil penelitian yang berjudul “Analisa Belajar Dari Rumah Dengan Pendekatan
Saintifik Sebagai Stimulasi Kemampuan Pemecahan Masalah Usia 5-6 Tahun
Pada Masa Pandemi Covid 19 Tahun 2020”. yang dilakukan di Desa Tlogomulyo
kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan didapatkan kesimpulan : 1) Penerapan
pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik pada anak usia 5-6 tahun saat belajar
dari rumah sudah dilakukan oleh guru melalui kunjungan ke rumah peserta didik.
2) Kemampuan pemecahan masalah untuk anak usia 5-6 tahun saat belajar dari
rumah pada umumnya sudah baik. 3) Cara menstimulasi kemampuan pemecahan
masalah anak usia 5-6 tahun melalui pembelajaran dengan Pendekatan saintifik
salah satunya dengan menerapkan pembelajaran yang disenangi anak yaitu dengan
melibatkan alam sekitar (hewan, tumbuhan, dan lain sebagainya) serta pemberian
reward kepada anak setelah selesai mengerjakan tugasnya dengan baik.
Saran peneliti dalam kegiatan ini yaitu Guru harus pintar-pintar memberikan
strategi pembelajaran pada masa pandemi covid 19 ini karena banyak anak merasa
bosan akibat terlalu lama tidak masuk sekolah serta Perlunya kunjungan rumah
(home visit) ke tempat siswa agar siswa lebih bersemangat.
Kata kunci : Belajar dari Rumah, Pendekatan Saintifik, pemecahan Masalah
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 01:59 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 01:59 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6453 |