HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 31 SEMARANG

SEPTINITYAS, ESTUR (2021) HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 31 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of ESTUR SEPTINITYAS.pdf] Text
ESTUR SEPTINITYAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Estur Septinityas. NPM 17110064: “Hubungan Efikasi Diri Dengan
Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 31 Semarang” Skripsi.
Prograam, Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas
PGRI Semarang. Pembimbing I Dr. Dini Rakhmawati, S.Pd, M.Pd., Pembimbing
II Padmi Dhyah Y.,S.Psi.,M.Psi Psikolog.2021.
Penelitian hubungan efikasi diri dengan kemandirian belajar siswa kelas
VIII SMP Negeri 31 Semarang ini dilatar belakangi oleh kurangnya rasa percaya
akan kemampuan diri sendiri dan kurangnya kemandirian belajar yang dimiliki
siswa sehingga menghambat proses pembelajaran dan nilai akademik siswa
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana kondisi efikasi diri
siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Semarang ? 2) Bagaimana kondisi kemandirian
belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Semarang ? 3)Apakah ada hubungan
efikasi diri dengan kemandirian belajar pada kelas VIII SMP Negeri 31 Semarang
? Tujuan yang hendak di capai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
kondisi efikasi diri dan kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 31
Semarang dan untuk mengetahui hubungan efikasi diri dengan kemandirian belajar
pada kelas VIII SMP Negeri 31 Semarang.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi
data penelitian ini sejumlah 172 siswa, meliputi kelas VIII A, VIII B, VIII C, VIII
D, VIII E, VIII F, VIII G, VIII H. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 118 yang
diambil dengan teknik simple random sampling. Alat pengumpulan data yang
digunakan adalah skala efikasi diri dan skala kemandirian belajar. Berdasarkan
hasil dari penelitian menyatakan bahwa terdapat hubungan efikasi diri dengan
kemandirian belajar siswa. Maka hal ini berarti semakin tinggi efikasi diri maka
semakin tinggi pula kemandirian belajar, sebaliknya semakin rendah efikasi diri
maka semakin rendah pula kemandirian belajar.
Kata Kunci: Efikasi Diri, Kemandirian Belajar, Siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Oct 2024 01:44
Last Modified: 24 Oct 2024 01:44
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6431

Actions (login required)

View Item
View Item