PERMATASARI, AMITA YUSDIANA (2023) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEBAK KATA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SD NEGERI TEGALWERO 01 KABUPATEN PATI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
AMITA YUSDIANA PERMATASARI 19120174.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah guru masih
mengalami kendala dalam menggunakan model pembelajaran sebelumnya, Dan
siswa menjadi kurang aktif saat proses pembelajaran berlangsung Permasalahan
dalam penelitian ini adalah apakah penggunaaan Keefetifan Model Kooperatif
untuk meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik pada kelas III
Penelitian ini adalah kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan Pre
Eksperimental Design yang berbentuk One Group Pretest Posttest Design.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SDN Tegalwero 01 . Sampel yang
digunakan yaitu siswa kelas III SDN Tegalwero 01 yang terdiri dari 25 siswa.
Teknik sampling dalam penelitian ini adalah mengggunakan sampling jenuh. Data
dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan pada analisis awal adalah uji normalitas. Analisis
akhir menggunakan uji normalitas, uji hipotesis, taraf kesukaran, uji Realiabilitas,
dan uji ketuntasan belajar individu dan uji ketuntasan belajar kelas.
Dari hasil output disimpulkan bahwa Ha diterima karena sig < 0,05 yaitu
0,00 < 0,05 artinya bahwa hasil belajar siswa kelompok eksperimen yang
menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe tebak kata pada pembelajaran
dapat bepengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SD Negeri Tegalwero
01 kabupaten pati.
Kesimpulan dan Saran dalam penelitian ini adalah diharapkan guru atau
peneliti lain dapat mencoba menggunakan model Tebak Kata dan pembelajaran
inovatif lainnya untuk diterapkan pada tema dan mata pelajaran yang lain, dengan
harapan siswa mempunyai kesiapan, kedisiplinan, rasa tanggung jawab, rasa
keingintahuan yang tinggi, dapat memecahkan masalah, serta aktif dalam proses
pembelajaran, serta guru atau peneliti lain mampu menyiapkan segala sesuatu
yang diperlukan dalam pembelajaran sehingga proses pembelajaran dapat berjalan
dengan lancar serta guru mampu membimbing, mengarahkan dan mengontrol
siswa saat pembelajaran berlangsung agar tujuan pembelajaran tercapai dengan
maksimal.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 03 Jan 2024 04:17 |
Last Modified: | 03 Jan 2024 04:17 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/64 |