SUKMAWATI, ENDAH (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DI TK AL AZAM SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
ENDAH SUKMAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
ENDAH SUKMAWATI. NPM 14150056. “Implementasi Pendidikan Karakter
Religius di TK Al Azam Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Semarang. Muniroh Munawar, S.Pi., M.Pd dan Mila Karmila, S.Pd., M.Pd Juni
2021.
Pencanangan pendidikan karakter perlu direalisasikan dalam pendidikan
formal, non-formal maupun in formal, sebagaimana tertuang dalam PP RI
Nomor 87 Tahun 2017 Tentang PPK pasal 2 pada poin “b” yang berbunyi
mengembangkan platform pendidikan nasional yang meletakkan pendidikan
karakter sebagai jiwa utama dalam penyelenggaraan pendidikan bagi Peserta
Didik dengan dukungan pelibatan publik yang dilakukan melalui pendidikan
jalur formal, nonformal, dan informal dengan memperhatikan keberagaman
budaya Indonesia. Penguatan pendidikan karakter tersebut salah satunya
memfokuskan pada perwujudan bangsa yang berbudaya melalui penguatan nilai-
nilai religius. Pelaksanaan pendidikan karakter akan sangat tepat apabila
dilakukan sejak dini atau pada usia dini, karena masa-masa keemasan seorang
anak (the golden age), yaitu masa ketika anak mempunyai banyak potensi yang
sangat baik untuk dikembangkan. Lembaga pendidikan TK Al Azam Semarang
selalu mengedepankan pendidikan keagamaan pada siswanya, tentunya dalam
pelaksanaanya mempunyai kiat-kiat atau strategi-strategi penanaman nilai-nilai
keagamaan atau pendidikan karakter religius yang baik.
Fokus penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan implementasi
pendidikan karakter religius di TK Al Azam Semarang Tahun Pelajaran
2020/2021, untuk mengetahui kendala-kendala yang di hadapi dalam
mengimplementasikan pendidikan karakter religius di TK Al Azam Semarang
Tahun Pelajaran 2020/2021 dan untuk mengetahui cara mengatasi kendala-
kendala yang di hadapi dalam mengimplementasikan pendidikan karakter
religius di TK Al Azam Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021.
Penelitian ini merupakan sebuah penelitian deskriptif dengan
pendekatan kualitatif yaitu suatu usaha mengungkapkan suatu masalah atau
keadaan atau peristiwa sebagaimana adanya sehingga bersifat sekedar untuk
mengungkapkan fakta. Penelitian ini dilakukan di TK Al Azam Semarang Tahun
Pelajaran 2020/2021 berkaitan dengan pelaksanaan pendidikan karakter religius.
Hasil penelitian ini yaitu pelaksanaan pendidik karakter di TK Al Azam
Semarang sangat baik, dalam pelaksanaannya sudah terancang dalam visi misi
serta tujuan umum pendirian TK Al Azam Semarang. Metode-meode pendidikan
karakter religius pada anak TK Al Azam Semarang sudah sesuai yaitu adanya
pembiasaan, keteladanan nasihat, perhatian, dan hukuman. Untuk kendala-
kendalanya yaitu kurangnya kerjasama orangtua saat di rumah, karakter anak
yang berbeda-beda, solusinya perlu menginformasikaan orangtua tentang
program yang ada disekolah kepada orangtua, sehingga orangtua dan guru bisa
bekerjasama dalam penanaman karakter religius anak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 07:56 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 07:56 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6391 |