SARI, EKA MUSTIKA (2021) ANALISIS PEMBELAJARAN JARAK JAUH KELAS IV SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2020/2021 DI SDN 01 SIDOSARI KABUPATEN PEKALONGAN. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
EKA MUSTIKA S-17120128.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
Abstract
EKA MUSTIKA SARI. NPM 17120128, ―Analisis Pembelajaran Jarak Jauh
Kelas IV Semester Gasal Tahun Pelajaran 2020/2021 di SDN 01 Sidosari
Kabupaten Pekalongan‖. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah pelaksanakan
pembelajaran jarak jauh dengan peserta didik yang tidak memiliki media
komunikasi sendiri dan kesulitan untuk menerima materi yang disampaikan guru.
Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana
proses belajar mengajar jarak jauh kelas IV semester gasal tahun pelajaran
2020/2021 pada SDN 01 Sidosari dengan peserta didik yang tidak bisa mengikuti
semua?, 2) Bagaimana dampak pembelajaran jarak jauh kelas IV semester gasal
tahun pelajaran 2020/2021 bagi guru, orang tua peserta didik, dan peserta didik
pada SDN 01 Sidosari?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah
untuk mengetahui proses belajar mengajar jarak jauh bagi peserta didik yang tidak
mengikuti pembelajaran sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan dan untuk
mengetahui dampak pembelajaran jarak jauh untuk guru, orang tua peserta didik,
dan peserta didik kelas IV sekolah dasar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Data diperoleh melalui
wawancara, angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran jarak jauh kelas IV
semester gasal tahun pelajaran 2020/2021 di SDN 01 Sidosari terlaksana dengan
baik, dengan sekolahan menerapkan pembelajaran dengan blended learning,
sebagai alternatif bagi peserta didik yang tidak dapat mengikuti pembelajaran
jarak jauh menggunakan media elektronik. Sehingga peserta didik kelas IV
seluruh nya mendapatkan materi dengan sama dna tidak ada yang tertinggal
karena tidak memiliki media elektronik.
Berdasarkan hasil penelitian penelitian ini saran yang dapat di sampaikan
adalah sekolah diharapkan dapat meningkatkan penerapan pembelajaran jarak
jauh dengan memberikan sarana yang dapat mempermudah peserta didik. Guru
diharapkan dapat memberikan pembelajaran yang menyenangkan, tidak membuat
anak merasa terbebani akan melakukan pembelajaran jarak jauh. Peserta didik
diharapkan anak dapat belajar dengan baik, sungguh-sungguh dengan
berkonsentrasi yang sama seperti melakukan pembelajaran di sekolah. Bagi
pembaca diharapkan dengan membaca skripsi ini mampu memahami bagaimana
prose pembelajaran jarak jauh di sekolah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 07:27 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 07:27 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6359 |