WIDOWATI, DYAH HUTAMI (2021) ANALISIS KOMUNIKASI ORANGTUA DAN ANAK DALAM MEMBANGUN SIKAP PERCAYA DIRI ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB HJ. ISRIATI BAITURRAHMAN 1 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
DYAH HUTAMI WIDOWATI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (15MB)
Abstract
DYAH HUTAMI WIDOWATI. NPM 14150073. “Analisis Komunikasi
Orangtua Dan Anak Dalam Membangun Sikap Percaya Diri Pada Usia 3 – 4 tahun
KB HJ. Istriati Baiturrahman 1 Semarang.” Program Studi Pendidikan Anak Usia
Dini Fakultas Ilmu Pendidikan. Univeritas PGRI Semarang 2021.
Latar belakang masalah penelitian ini adalah orangtua masih belum
memahami komunikasi yang tepat untuk anak. Meskipun orangtua berkomunikasi
dengan anak setiap hari. Setiap orangtua memiliki intensitas berbeda dan cara
yang berbeda dalam berkomunikasi, karena hal tersebut maka perlunya
menerapkan pentingnya komunikasi dalam menumbuhkan sikap percaya diri
anak.
Fokus dalam penelitian ini adalah mendiskripsikan Analisis Komunikasi
Orangtua Dan Anak Dalam Membangun Sikap Percaya Diri Anak Usia 3 - 4
tahun KB Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang dan upaya bagaimana cara
komunikasi orangtua dan anak dalam membangun sikap percaya diri. Tujuan yang
hendak dicapai oleh peneliti adalah menjelaskan bagaimana pola komunikasi yang
tepat orangtua dan anak dalam membangun sikap percaya diri anak usia 3 - 4
tahun.
Jenis penelitian dalam penelitian ini deskriptif kualitatif. Metode
pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik
keabsahan data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data yaitu data
reduction, data display dan conclusion.
Hasil analisis data dalam penelitian menunjukan bahwa peneliti
menemukan enam orangtua menggunakan pola komunikasi demokratis, dua
orangtua menggunakan pola komunikasi permisif dan dua orangtua menggunakan
pola komunikasi otoriter. Rasa percaya diri yang muncul dapat dibangun melalui
komunikasi yang baik antara orangtua dan anak. Komunikasi orangtua dan anak
dapat dilakukan dengan menggunakan kata-kata positif dan menghindari kata-kata
negatif yang dapat merusak percaya diri anak. Memberikan pujian kepada anak
namun tidak berlebihan, tidak terlalu banyak melarang anak karena membuat anak
ketakutan dan memberikan kasih sayang serta perhatian yang cukup kepada anak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 07:11 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 07:11 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6338 |