UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR KELOMPOK B MELALUI METODE TARI KREASI DI RA AZ ZAHRO MRANGGEN DEMAK TAHUN AJARAN 2020/2021

NAILUFAR, JUJUN (2021) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR KELOMPOK B MELALUI METODE TARI KREASI DI RA AZ ZAHRO MRANGGEN DEMAK TAHUN AJARAN 2020/2021. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Jujun Nailufar.pdf] Text
Jujun Nailufar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

JUJUN NAILUFAR. NPM 18156063. “Upaya Meningkatkan Kemampuan
Motorik Kasar Kelompok B Melalui Metode Tari Kreasi Di Ra Az Zahro
Mranggen Demak Tahun Ajaran 2020/2021”. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Pendidikan AnakUsia Dini Fakultas Ilmu pendidikan UNIVERSITAS PGRI
Semarang. UPGRIS Semarang. 2020
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah mengenai
kemampuan motorik kasar yaitu terdapat permasalahan dari aspek perkembangan
motorik kasar pada anak, yaitu anak belum mampu melakukan gerakan secara
seimbang dan sesuai perintah, hal ini terjadi dikarenakan motorik kasar kurang
diperhatikan dan kegiatan yang dilakukan kurang menarik bagi anak serta
kurangnya pemberian rangkaian gerakan pada suatu objek dalam pembelajaran,
mengakibatkan anak mudah bosan saat melakukan aktivitas motorik kasar
dikarenakan kurangnya gerakan yang beragam serta saat pembelajaran motorik
gerak banyak anak yang terlihat kurang antusias dalam melakukannya, ada juga
anak yang berlarian tidak mengikuti gerakan yang di lakukan oleh guru,
kurangnya fasilitas untuk pengembangan motorik kasar, serta Kurangnya
pemanasan saat melakukan aktifitas fisik, saat kegiatan awal pembelajaran
mengenai motorik kasar sehingga anak cenderung lebih cepat lelah dan kurang
percaya diri dan kurangnya waktu untuk melakukan kegiatan fisik disekolah
disebabkan karena padatnya jadwal pembelajaran yang telah berjalan.
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar
kelompok B melalui metode tari kreasi di RA Az Zahro Mranggen Demak Tahun
Ajaran 2020/2021”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kualitatif tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada semester Gasal
selama 2 minggu yang dimulai dari tanggal 12 Oktober 2020 sampai 24 oktober
2020. Subyek penelitian adalah anakkelompok RA B3 yang berjumlah 14 anak
yang terdiridari 8 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Prosedur penelitian
menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri 2 siklus. Tiap siklus terdiri
dari empat tahapan yaitu 1) membuatperencanaan, 2) melakukantindakan, 3)
mengadakan pengamatan tindakan, 4) merefleksi hasil pengamatan tindakan,
setiap siklus dilaksanakan 3 kali pertemuan. Data yang telah dikumpulkan dalam
penelitian tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik kasar dapat
ditingkatkan melalui tari kreasi. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah
anak yang mempunyai kemampuan motorik dalam setiap kali pertemuan baik
dalam siklus I maupun siklus II. Pada awal tindakan terdapat 3 anak atau 20%
yang mempunyai kemampuan motorik dengan penilaian baik. Sedangkan akhir
tindakan 12 anak atau 87% yang dapat menirukan tari kreasi dengan baik.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa
kemampuan motorik kelompok B di RA Az Zahro Batursari Kecamatan
Mranggen Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2020/2021 dapat ditingkatkan
melalui metode tari kreasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Oct 2024 06:34
Last Modified: 23 Oct 2024 06:34
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6310

Actions (login required)

View Item
View Item