PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS X SMA N 1 PANGKAH

OKTASIVA, DWI NANDA (2021) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS X SMA N 1 PANGKAH. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of DWI NANDA OKTASIVA.pdf] Text
DWI NANDA OKTASIVA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Dwi Nanda Oktasiva NPM. 16110130 “Pengaruh Layanan Bimbingan
Kelompok dengan menggunakan metode role playing Siswa Kelas X SMA N 1
Pangkah” Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Semarang. Prof. Drs. Supardi, M.M, Agus Setiawan, S.Pd.,
M.Pd. April 2021
Penelitian ini dilatar belakangi oleh interaksi sosial siswa Kelas X SMA N 1
Pangkah yang tergolong rendah. Topik ini diangkat berdasarkan hasil angket
kebutuhan peserta didik dan wawancara yang telah dilakukan di lapangan. Topik
yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat interaksi sosial siswa
Kelas X SMA N 1 Pangkah setelah mendapat layanan bimbingan kelompok
dengan metode role playing?. Apakah layanan bimbingan kelompok dengan
metode role playing berpengaruh terhadap interaksi sosial siswa Kelas X SMA N
1 Pangkah?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat interaksi
sosial siswa Kelas X SMA N 1 Pangkah setelah mendapat layanan bimbingan
kelompok dengan metode role playing , untuk mengetahui apakah layanan
bimbingan kelompok dengan metode role playing berpengaruh terhadap interaksi
sosial siswa Kelas X SMA N 1 Pangkah, untuk mengetaui seberapa besar
pengaruh bimbingan kelompok dengan metode role playing terhadap interaksi
sosial siswa .
Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan metode true experimental design
dengan model Pre-test Post-test Control Group Design. Populasi penelitian ini
adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Pangkah Semarang yang berjumlah 289
siswa. Kelas XI IPA 4 digunakan untuk tryout sebanyak 32 siswa. Sampel yang di
ambil sebanyak 20 siswa, yaitu 10 siswa dari kelas XI IPA 2 sebagai kelompok
kontrol dan 10 siswa kelas XI IPS 2 sebagai kelompok eksperiment yang diambil
dengan menggunakan teknik sampling cluster random sampling. Alat pengumpul
data yang dipergunakan adalah skala interaksi sosial .
Berdasarkan hasil analisis uji t Dapat diketahui bila tingkat kesalahan 5%
dengan dk 18, maka harga ttabel = 2,101. (dk = n1+ n2 -2 = 10+10-2 = 18).
Ternyata harga thitung = 2,349 lebih besar daripada ttabel 2,101.Oleh karena itu
hipotesisnya
berbunyi
“Ada
pengaruh
layanan
bimbingan
kelompok
menggunakan teknik role playing untuk meningkatkan interaksi sosial siswa kelas
X SMA N 1 PANGKAH”
diterima kebenarannya pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian menunjukan
bahwa ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan metode role playing
terhadap interaksi sosial siswa.
Saran bagi guru BK hendaknya dapat menggunakan layanan bimbingan
kelompok dengan metode role playing untuk mengurangi permasalahan interaksi
sosial siswa. Bagi siswa yang memiliki permasalahan interaksi sosial siswa tinggi
diharapkan dapat mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan metode role
playing untuk mengurangi permasalahan interaksi sosial.
Kata Kunci: interaksi sosial, role playing, bimbingan kelompok

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Oct 2024 06:16
Last Modified: 23 Oct 2024 06:16
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6295

Actions (login required)

View Item
View Item