HESTIYARMI, DWI (2021) UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PGRI 58 KALIPANCUR NGALIYAN SEMARANG TAHUN 2019 / 2020. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
DWI HESTIYARMI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
Abstract
Pertumbuhan dan perkembangan fisik terbentuk sejak periode prenatal atau
dalam kandungan. Perkembangan fisik manusia meliputi berbagai aspek yang
dipengaruhi sistem dan fungsi organ tubuh. Sistem syaraf yang sangat
mempengaruhi perkembangan kecerdasan dan emosi. Sistem tulang dan otot-
otot yang mempengaruhi perkembangan kekuatan dan kemampuan motorik.
Sistem hormonal atau endokrin, yang menyebabkan munculnya pola-pola
tingkah laku, emosi dan kepribadian. Kecerdasan kinestetik sangat penting bagi
merangsang perkembangan pertumbuhan anak sangat berhubungan dengan
perkembangan motorik sangat dipengaruhi oleh organ dan fungsi system susunan
saraf pusat atau otak. Sistem susunan saraf pusat yang sangat berperanan dalam
kemampuan motorik dan mengkoordinasi setiap gerakan yang dilakukan anak.
Semakin matangnya perkembangan sistem saraf otak yang mengatur otot
memungkinkan berkembangnya kompetensi atau kemampuan motorik anak.
Perkembangan motorik anak dibagi menjadi Keterampilan atau gerakan kasar
seperti berjalan, berlari, melompat, naik turun tangga.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Kecerdasan
Kinestetik anak usia dini melalui permianan tradisional engklek pada kelompok B
diTK PGRI 58 Kalipancur. Penelitian ini dilaksanakan pada kelompok B TK
PGRI 58 Kalipancur semarang dengan jumlah 18 orang anak yang dilaksanakan
pada semester I Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian tindakan kelas . Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing
siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Analisis data menggunakan data kuantitatif
dan kualitatif. Analisis data kuantitatif dengan statistik deskriptif yaitu
membandingkan hasil yang diperoleh dari Pra Siklus, Siklus pertama dan Siklus
kedua. Analisis data kualitatif dengan cara menganalisis data dari hasil observasi
selama penelitian. Pada pra siklus 17 % , siklus I meningkat menjadi 44% dan
siklus II menjadi 83%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan
kecerdasan kinestetik anak usia dini pada kelompok B yang dilakukan melalui
permainan tradisional engklek.
Kata kunci: Kecerdasan Kinestetik dan Permainan tradisional engklek
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 04:44 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 04:44 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6279 |