UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KARAKTER KEJUJURAN MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK PADA ANAK USIA 3 – 4 TAHUN DI KELOMPOK BERMAIN ‘AISYIYAH SIWALAN

PURWANTI, TUTIK (2021) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KARAKTER KEJUJURAN MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK PADA ANAK USIA 3 – 4 TAHUN DI KELOMPOK BERMAIN ‘AISYIYAH SIWALAN. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_TUTIK PURWANTI.pdf] Text
SKRIPSI_TUTIK PURWANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tutik Purwanti. NPM 18156043. “Upaya Meningkatkan Pemahaman
Karakter Kejujuran melalui Permainan Tradisional Engklek pada anak usia 3 –
4 tahun di KB „Aisyiyah Siwalan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Anak
Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. 2021.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kejujuran anak yang masih rendah.
Sebagian anak belum menunjukkan perilaku jujur yaitu tidak mau mengakui
kekalahan, anak masih bermain dengan tidak jujur atau curang saat bermain,
serta masih ada anak yang berkata tidak jujur.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan
perilaku jujur pada anak usia 3 – 4 tahun di Kelompok Bermain „Aisyiyah
Siwalan, Kecamatan Gayamsari. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
kejujuran anak di sekolah melalui permainan tradisional engklek pada anak
Kelompok Bermain Aisyiyah Siwalan. Subjek penelitian ini berjumlah 10 anak
yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Teknik pengumpulan
data menggunakan observasi. Penelitian ini dianggap berhasil apabila 80%
anak, tingkat kejujurannya berada pada kriteria baik.
Prosedur penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri 2
siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu 1) membuat perencanaan, 2)
melakukan tindakan, 3) mengadakan pengamatan tindakan, 4) merefleksi hasil
pengamatan tindakan, setiap siklus dilaksanakan 3 kali pertemuan. Data yang
telah dikumpulkan dalam penelitian tersebut dianalisis dengan menggunakan
teknik diskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kejujuran anak dapat meningkat
melalui permainan tradisional engklek, yang dilakukan melalui langkah-
langkah 1) guru atau peneliti mengkondisikan anak untuk menjelaskan aturan
main, 2) mememberikan contoh bagaimana cara bermain engklek 3)
menginformasikan bahwa ada tiga indikator atau perilaku yang akan dinilai
dalam bermain engklek.
. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah anak yang
berperialaku jujur dalam setiap kali pertemuan baik dalam siklus I maupun
siklus II. Pada awal tindakan terdapat 2 anak atau 20% anak yang berperilaku
jujur dengan penilaian baik. Sedangkan akhir tindakan 8 anak atau 80% yang
berperilaku jujur dengan penilaian baik. Berdasarkan hasil penelitian dan
pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa kejujuran anak pada Kelompok
Bermain „Aisyiyah Siwalan, Kecamatan Gayamsari Semarang Tahun Pelajaran
2020/2021 dapat ditingkatkan melalui permainan tradisional engklek.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Oct 2024 04:43
Last Modified: 23 Oct 2024 04:43
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6272

Actions (login required)

View Item
View Item