MUNFARIDAH, SITI (2021) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KESELAMATAN DIRI DALAM BERLALU LINTAS MELALUI PENGENALAN RAMBU RAMBU LALU LINTAS DI TK TARBIYATUL ATHFAL 8 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SKRIPSI_SITI MUNFARIDAH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
SITI MUNFARIDAH, NPM 18156067, “Upaya meningkatan pemahaman
keselamatan diri dalam berlalu lintas Pada Anak Usia 4 – 5 Tahun diTK
Tariyatulathfal 8 Semarang, Tahun Pelajaran 2020/2021”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan UNIVERSITAS PGRI
Semarang, UPGRIS, Semarang, 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya
kemampuan anak –dalam memahami keselamatan diri dalam berlalu lintas,
Meski ada program pembelajaran luar sekolah yaitu kerjasaman antara sekolah
dan PT astra yang menunjang belajar anak dalam pemahaman keselamatan diri
dalam berlalu lintas, namun program ini belum mencapai hasil yang maksimal,
karena hanya di laksanakan sekali dalam satu tahun. Sehingga sangat penting bagi
peneliti untuk mencoba mengenalkan rambu-rambu lalu lintas dalam
meningkatkan pemahaman keselamatan diri dalam berlalu lintas pada anak
kelompok A di TK TARBIYATUL ATHFAL 8 SEMARANG . Untuk
mengetahui seberapa jauh pengenalan rambu –rambu lalu lintas dapat
meningkatkan pemahaman keselamatan diri dalam berlalu lintas, maka perlu
diadakan penelitian tindakan tahun Pelajaran 2020/2021
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif
tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan selama 2 minggu yang dimulai
dari minggu ke-1 tanggal 29 Maret 2021 sampai 31 Maret 2021, Minggu ke-2
tanggal 5 April 2021 sampai 7 april 2021. Subyek penelitian adalah anak
kelompok A yang berjumlah 10 anak, yang terdiri dari 6 anak perempuan dan 4
anak laki – laki. Prosedur penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang
terdiri 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu 1). membuat
perencanaan 2). melakukan tindakan 3). mengadakan pengamatan tindakan 4).
merefleksi hasil pengamatan tindakan, setiap siklus dilaksanakan 3 kali
pertemuan. Data yang telah dikumpulkan dalam penelitian tersebut dianalisis
dengan menggunakan tehnik diskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan anak dalam pemahaman
rambu rambu lalu lintas meningkat. Hal ini dibuktikan dengan adanya
peningkatan kemampuan pemahaman rambu-rambu lalu lintas meningkat pada
siklus I dengan prosentase 40 % dan terjadi peningkatan yang signifikan pada
siklus II yaitu sebesar 80 %. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat
untuk semua praktisi – praktisi pendidikan serta dapat mengembangkan dengan
inovasi baru dalam pengenalan rambu-rambu lalu lintas, agar kemampuan anak
didik dalam memahami rambu-rambu lalu lintas semakin bertambah baik dalam
pembelajaran sejak dini hingga dewasanya kelak..
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 04:15 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 04:15 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6245 |