UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS MENYUSUN WARNA DENGAN MEDIA WATERBEADS PADA ANAK KELOMPOK A DI RA HARAPAN UMMI GEMAH KECAMATAN PEDURUNGAN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2020-2021

MUAWANAH, SITI (2021) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS MENYUSUN WARNA DENGAN MEDIA WATERBEADS PADA ANAK KELOMPOK A DI RA HARAPAN UMMI GEMAH KECAMATAN PEDURUNGAN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2020-2021. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_SITI MUAWANAH.pdf] Text
SKRIPSI_SITI MUAWANAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Siti Muawanah. NPM 18156017. “Upaya Meningkatkan Kreativitas Menyusun
Warna dengan Media Waterbeads pada Anak Keompok A di RA Harapan Ummi
Gemah Kecamatan Pedurungan Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu
Pendidikan UNIVERSITAS PGRI Semarang. UPGRIS Semarang. 2021
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah Kreativitas yang
kurang menjadi perhatian karena system Pendidikan yang lebih mengembangkan
kemampuan akademik seperti membaca dan berhitung. Anak belum dapat
mengembangkan kreativitas sesuai imajinasi anak. Serta kurangnya pembelajaran
yang menggunakan metode permainan. Kreativitas kurang menjadi perhatian
karena situasi pandemi saat ini karena pembelajaran dilakukan secara daring.
Sehingga anak menjadi tidak percaya diri dalam berkreativitas menurut imajinasi.
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kreativitas menyusun warna dengan
media waterbeads di RA Harapan Ummi Gemah Kecamatan Pedurungan
Semarang Tahun Pelajaran 2020 / 2021
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada semester Genap selama 2
minggu yang dimulai dari tanggal 29 Maret sampai 7 April 2021. Subyek
penelitian adalah anak kelompok RA A yang berjumlah 16 anak yang terdiri dari
10 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Prosedur penelitian menggunakan
penelitian tindakan kelas yang terdiri 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari empat
tahapan yaitu 1) membuat perencanaan, 2) melakukan tindakan, 3) mengadakan
pengamatan tindakan, 4) merefleksi hasil pengamatan tindakan, setiap siklus
dilaksanakan 3 kali pertemuan. Data yang telah dikumpulkan dalam penelitian
tersebut dianalisis dengan menggunakan instrument penelitian observasi dan
dokumentasi.
Hasil
penelitian
menunjukkan
bahwa
kemampuan
berkreativitas
menyususn warna dengan media waterbeads dapat meningkatkan kreativitas anak.
Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah anak yang mempunyai
kemampuan kreativitas dalam setiap kali pertemuan baik dalam siklus I maupun
siklus II. Pada awal tindakan terdapat 0 anak atau 0% yang mempunyai
kemampuan kreativitas dengan penilaian kurang. Sedangkan akhir tindakan 13
anak atau 81,25% yang dapat berkreativitas dengan baik. Berdasarkan hasil
penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan
berkreativitas menyusun warna pada kelompok A di RA Harapan Ummi Gemah
Kecamatan Pedurungan Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021 dapat ditingkatkan
melalui bermain menggunakan media waterbeads.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Oct 2024 04:02
Last Modified: 23 Oct 2024 04:02
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6241

Actions (login required)

View Item
View Item