RAHMASARI, DINI (2021) ANALISIS IMPLEMENTASI SIPERAN (SISTEM PERANGKAT PEMBELAJARAN) BERBASIS SINGLE USER DALAM PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DI KB-TK ISLAM AL FATH SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
DINI RAHMASARI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
DINI RAHMASARI. NPM 17150041. “Analisis Implementasi Siperan (Sistem
Perangkat Pembelajaran) Berbasis Single User dalam Penyusunan Perangkat
Pembelajaran di KB-TK Islam Al Fath Semarang”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Muniroh Munawar, S.Pi., M.Pd., dan Dr. Ir. Anita
Chandra D.S., M.Pd. Juni 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah belum adanya
sekolah yang menggunakan sistem perangkat pembelajaran yang terintegrasi
mulai dari penyusunan RPPM hingga proses penilaian. Sangat dibutuhkan sistem
yang terintegrasi untuk meringankan beban guru dalam penyusunan perangkat
pembelajaran. Penyusunan perangkat pembelajaran yang efisien dan efektif
dengan menggunakan teknologi komputer sangat penting bagi pendidik.
Berdasarkan konteks penelitian, maka fokus masalah dalam penelitian ini
adalah “Bagaimanakah Implementasi Siperan (Sistem Perangkat Pembelajaran)
berbasis single user dalam penyusunan perangkat pembelajaran di KB-TK Islam
Al Fath Semarang?” Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan implementasi Siperan (Sistem Perangkat Pembelajaran) berbasis
single user dalam penyusunan perangkat pembelajaran di KB-TK Islam Al Fath
Semarang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat
deskriptif berupa kata-kata, tulis, lisan, dan gambar. Lokasi penelitian ini
dilakukan di KB-TK Islam Al Fath Semarang. Data bersumber dari person, place,
process, dan paper. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan observasi,
wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang dilakukan di KB-TK Islam Al Fath Semarang,
Implementasi Siperan (Sistem Perangkat Pembelajaran) berbasis Single User
memberikan dampak positif dalam proses penyusunan perangkat pembelajaran.
Kemudahan dalam mengoperasikan template Siperan telah memberikan
kemudahan kepada guru untuk menyelesaikan tugas-tugas administrasinya mulai
dari penyusunan rencana pembelajaran hingga membuat penilaian baik itu
penilaian harian, rekap mingguan, rekap bulanan dan membuat catatan anekdot.
Template Siperan memiliki komponen yang lengkap dan sesuai dengan pedoman
K13 PAUD.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya Siperan (Sistem Perangkat Pembelajaran) berbasis Single User dapat
digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam proses penyusunan perangkat
pembelajaran khususnya jenjang Pendidikan Anak Usia Dini.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 03:57 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 03:57 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6239 |