UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KOLASE DENGAN BAHAN-BAHAN BEKAS KELOMPOK A RA AS-SYUHADA TAHUN 2020-2021

KHOLISOH, SITI (2021) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KOLASE DENGAN BAHAN-BAHAN BEKAS KELOMPOK A RA AS-SYUHADA TAHUN 2020-2021. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi_Siti Kholisoh.pdf] Text
Skripsi_Siti Kholisoh.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Siti Kholisoh. NPM 18156110. “Upaya Meningkatkan Kreativitas anak Melalui
Kolase Dengan Bahan-Bahan Bekas kelompok A di RA As-Syuhada Semarang
Tahun Pelajaran 2020/2021”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan
Anak Usia Dini Fakultas Ilmu pendidikan UNIVERSITAS PGRI Semarang.
UPGRIS Semarang. 2021
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya
kemampuan kreativitas pada anak, kurangnya keinginan anak untuk menciptakan
hal baru dan ketidak mampuanya dalam bereksplorasi dan berimajinasi, sehingga
kreativitas pada anak kurang maksimal. Tujuan yang hendak dicapai dalam
penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas pada anak kelompok A di
RA as-Syuhada tahun ajaran 2020/2021 melalui kolase dengan bahan-bahan
bekas.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada semester Ganap selama 6
pertemuan dalam 6 minggu. Subyek penelitian adalah anak kelompok RA A yang
berjumlah 20 anak yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 9 anak perempuan.
Prosedur penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri 2 siklus.
Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu 1) membuat perencanaan, 2)
melakukan tindakan, 3) mengadakan pengamatan tindakan, 4) merefleksi hasil
pengamatan tindakan, setiap siklus dilaksanakan 3 kali pertemuan. Data yang
telah dikumpulkan dalam penelitian tersebut dianalisis dengan menggunakan
teknik diskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas Anak
ditingkatkan dengan menggunkan media kolase. Hal ini dibuktikan dengan
meningkatnya jumlah anak yang mempunyai daya kreativitas dalam setiap kali
pertemuan baik dalam siklus I maupun siklus II. Pada awal tindakan terdapat 3
anak atau 15% yang mempunyai kreativitas dengan penilaian berkembang sangat
baik. Sedangkan akhir tindakan 16 anak atau 80% yang sudah menunjukkan
kreativitas dengan kriteria berkembang sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian
dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa daya kreativitas kelompok A di
RA As-Syuhada kecamatan pedurungan Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021
dapat ditingkatkan dengan menggunakan melalui media kolase.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Oct 2024 03:57
Last Modified: 23 Oct 2024 03:57
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6236

Actions (login required)

View Item
View Item