PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE ALFOSI DALAM PENERAPAN KARAKTER JUJUR ANAK USIA SEKOLAH DASAR

ARIFANI, DIAN (2021) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE ALFOSI DALAM PENERAPAN KARAKTER JUJUR ANAK USIA SEKOLAH DASAR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Dian Arifani.pdf] Text
Dian Arifani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

DIAN ARIFANI. NPM 17120058. “Pengembangan Model Pembelajaran Think
Pair Share Alfosi dalam Penerapan Karakter Jujur Anak Usia Sekolah Dasar”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. 2021.
Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan observasi awal berupa
wawancara yang dilakukan peneliti terhadap salah satu tenaga pendidik di SD N 3
Tamanrejo yang menuturkan bahwa kurangnya penggunaan model cooperativ
learning dalam pembelajaran yang efektif dan sesuai dengan karakteristik peserta
didik. Oleh karena itu kurangnya referensi guru berpengaruh kuat pada
pembelajaran yang cenderung konfensional tidak up to date bahkan cenderung
melakukan pengulangan dari tahun ke tahun, tanpa ada pembaharuan maupun
inovasi. Meski terlihat lancar namun dalam perkembangannya banyak dijumpai
masalah kesulitan belajar pada peserta didik.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan
model pembelajaran Think Pair Share Alfosi dalam penerapan karakter jujur anak
usia Sekolah Dasar?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah
untuk mengembangkan model pembelajaran Think Pair Share Alfosi dalam
penerapan karakter jujur bagi anak usia Sekolah Dasar dan menguji kelayakan
pengembangan model tersebut apabila diimplementasikan pada pembelajaran
tematik siswa kelas IV Sekolah Dasar.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and
Development). Populasi penelitian adalah seluruh siswa SD N 3 Tamanrejo tahun
pelajaran 2020/2021. Sampel yang diambil peneliti adalah 14 siswa kelas IV SD
N 3 Tamanrejo. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi,
wawancara, dan angket.
Hasil analisis angket validasi yang dilakukan oleh ahli model pembelajaran
dengan presentase sebanyak 70% dengan kategori layak, ahli materi pembelajaran
dengan presentase 87% dengan kategori sangat layak, namun mendapat
saran/masukan yang diberikan validator model dan materi kepada peneliti untuk
melakukan sedikit perbaikan atau revisi agar pengembanagan model menjadi lebih
sempurna. Hasil pengujian kepraktisan dan keefektifan yang didapatkan dari
angket tanggapan guru memperoleh presentase 82% dengan kategori sangat layak.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya model pembelajaran Think Pair Share Alfosi dapat digunakan sebagai
salah satu model yang digunakan oleh guru, terutama pada anak usia Sekolah
Dasar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Oct 2024 03:06
Last Modified: 23 Oct 2024 03:06
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6187

Actions (login required)

View Item
View Item