ANALISIS POLA KOMUNIKASI GURU DALAM MENSTIMULASI KEMAMPUAN HOTS PADA ANAK USIA 5 - 6 TAHUN DI PAUD TAMAN BELIA CANDI SEMARANG

RIEYANI OKTA SUMBAWA, RIEYANI OKTA SUMBAWA (2021) ANALISIS POLA KOMUNIKASI GURU DALAM MENSTIMULASI KEMAMPUAN HOTS PADA ANAK USIA 5 - 6 TAHUN DI PAUD TAMAN BELIA CANDI SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_RIEYANI OKTA SUMBAWA_17150012.pdf] Text
SKRIPSI_RIEYANI OKTA SUMBAWA_17150012.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

RIEYANI OKTA SUMBAWA. NPM 17150012. “Analisis Pola Komunikasi
Guru Dalam Menstimulasi Kemampuan HOTS Pada Anak Usia 5 - 6 Tahun Di
PAUD Taman Belia Candi Semarang”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru
Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. Dibimbing oleh Dr. Ir Anita Chandra D S, M.Pd. dan Nila
Kusumaningtyas, S.T. ,M.Pd. 2021.
Konteks penelitian yang melatarbelakangi penelitian adalah kegiatan
pembelajaran pada anak usia dini yang masih belum bervariasi, proses
pembelajaran belum memberikan kesempatan pada anak untuk bereksplorasi,
anak belum diberikan kesempatan untuk mengungkapkan ide, sehingga anak tidak
memiliki pengalaman langsung dalam memecahkan masalahnya sendiri. Dalam
kegiatan pembelajaran guru masih memberikan perintah sehingga anak tidak
dapat memilih kegiatan main tetapi anak harus menyelesaikan suatu kegiatan
sesuai dengan perintah guru, hal ini dapat membatasi pengalaman belajar anak..
Permasalahan yang diungkap pada penelitian ini adalah bagaimana pola
komunikasi guru dapat menstimulasi kemampuan HOTS anak. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi guru yang dapat
menstimulasi kemampuan HOTS anak di PAUD Taman Belia Candi Semarang.
Komunikasai pada anak usia dini tentu berbeda dengan komunikasi pada
orang dewasa. Pada anak usia dini, dalam berkomunikasi anak mulai peka/sensitif
untuk menerima berbagai rangsangan, masa peka pada masing-masing anak juga
berbeda. Agar komunikasi menjadi efektif sebagai seorang guru, mendampingi
anak melalui stimulasi agar mampu berpikir tingkat tinggi yang bukan hanya
sekedar menghafal atau mencaritakan kembali lebih pada kemampuan berpikir
logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta kemampuan bekerja sama.
Tingkatan kemampuan berpikir yang dibagi menjadi tingkat rendah dan tinggi
yaitu mengingat, memahami, mengaplikasikan, menganalisis, mengevaluasi, dan
mencipta.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pendekatan yang dilakukan
dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan
menguraikan fakta-fakta dan data-data yang diperoleh dari sumber data yang di
ambil melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini
adalah pola komunikasi guru di PAUD Taman Belia Candi Semarang dalam
menstimulasi kemampuan HOTS anak melalui pembelajaran pembelajaran
berbasis STEAM, terlihat saat guru-guru menstimulasi siswa dalam kegiatan
pembelajaran dan bermain melalui pola komunikasi yang efektif.menggunakan
pola komunikasi dua arah dan kemampuan berpikir tingkat tinggi di PAUD
Taman Belia Candi Semarang pada anak usia 5-6 tahun anak mampu
menyelesaikan masalahnya sendiri dari masalahnya yang sangat beragam.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah agar
pola komunikasi guru di PAUD Taman Belia Candi Semarang dapat digunakan
sebagai alternatif guru dalam mengajar untuk menstimulasi kemampuan HOTS
anak usia dini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Oct 2024 02:48
Last Modified: 23 Oct 2024 02:48
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6162

Actions (login required)

View Item
View Item