UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 3 – 4 TAHUN MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI KBIT HARAPAN BUNDA SEMARANG

KHALIFAH, DHIYAH SITI (2021) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 3 – 4 TAHUN MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI KBIT HARAPAN BUNDA SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of DHIYAH SITI KHALIFAH.pdf] Text
DHIYAH SITI KHALIFAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dhiyah Siti Khalifah Npm 18156025 “Upaya Meningkatkan Kemampuan Sosial
Emosional Anak Usia 3 – 4 Tahun Melalui Metode Bermain Peran Di Kbit
Harapan Bunda Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan
Anak Usia Dini Fakultas Ilmu pendidikan UNIVERSITAS PGRI Semarang.
UPGRIS Semarang. 2021
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah mengenai
kemampuan sosial emosional
yaitu terdapat permasalahan dari aspek
perkembangan sosial emosional pada anak, yaitu anak belum mampu bekerjasama
ketika bermain dan belum mampu bersosialisasi dengan baik. Hal tersebut
disebabkan kurangnya rasa sosial dalam diri anak.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kegiatan bermain
peran makro dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usia 3-4
Tahun ? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk
meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usia 3-4 Tahun melalui metode
bermain peran di KBIT Harapan Bunda Tahun Ajaran 2020/2021.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
tindakan kelas (PTK). Populasi penelitian adalah kelompok Delima di KBIT
Harapan Bunda. Penelitian ini dilaksanakan pada semester Genap selama 2
minggu, minggu pertama yang dimulai dari tanggal 02 Februari 2021 sampai 04
Februari 2021, sedangkan minggu kedua dimulai dari tanggal 15 Maret 2021
sampai 17 Maret 2021. Subyek penelitian adalah anak kelompok bermain yang
berjumlah 9 anak yang terdiri dari 2 anak laki-laki dan 7 anak perempuan.
Prosedur penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri 2 siklus.
Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu 1) membuatperencanaan, 2)
melakukantindakan, 3) mengadakan pengamatan tindakan, 4) merefleksi hasil
pengamatan tindakan, setiap siklus dilaksanakan 3 kali pertemuan. Data yang
telah dikumpulkan dalam penelitian tersebut dianalisis dengan menggunakan
teknik deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan sosial emosional dapat
ditingkatkan melalui kegiatan bermain peran. Hal ini dibuktikan dengan
meningkatnya jumlah anak yang mempunyai kemampuan sosial emosional dalam
setiap kali pertemuan baik dalam siklus I maupun siklus II. Pada awal tindakan
terdapat 1 anak atau 11% yang mempunyai kemampuan sosial emosional dengan
penilaian baik. Sedangkan akhir tindakan 7 anak atau 78% yang dapat menirukan
bermain peran dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat
ditarik kesimpulan bahwa kemampuan motorik kelompok bermain kelas Delima
KBIT Harapan Bunda Tahun Pelajaran 2020/2021 dapat ditingkatkan melalui
metode bermain peran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Oct 2024 02:39
Last Modified: 23 Oct 2024 02:39
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6152

Actions (login required)

View Item
View Item