PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ROPILA MUATAN PELAJARAN PPKN MATERI PENGAMALAN SILA PANCASILA KELAS III SDN 3 KANGKUNG MRANGGEN DEMAK

MAULITA, NURUL (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ROPILA MUATAN PELAJARAN PPKN MATERI PENGAMALAN SILA PANCASILA KELAS III SDN 3 KANGKUNG MRANGGEN DEMAK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of NURUL MAULITA 19120085.pdf] Text
NURUL MAULITA 19120085.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dan observasi siswa kelas III selama ini dalam proses pembelajaran dikelas murid masih bingung dan sering keliru dengan mata pelajaran PPKn materi pengamalan sila Pancasila dalam kehidupan sehari hari. Guru masih kurang dalam melaksanakan berbagi variasi dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan dikelas atau dalam hal ini guru masih menggunakan pembelajaran yang konvensional, sehingga peserta didik akan merasa bosan. Oleh karena itu guru dan siswa membutuhkan adanya media yang menunjang pembelajaran materi tersebut yang inovatif, kreatif dan menarik salah satunya dengan mengembangkan media Roda Papan Bingo Pancasila (ROPILA) berbasis media kongkret untuk kelas III Sekolah Dasar.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah media Roda Papan Bingo Pancasila (ROPILA) valid digunakan sebagai media pembelajaran PPKn materi pokok pengamalan nila – nilai sila pancasila ? 2) Bagaimana keberterimaan media pembelajaran Roda Papan Bingo Pancasila (ROPILA) yang digunakan sebagai media pembelajaran PPKn materi pokok pengamalan nila – nilai pancasila ? 3) Bagaimana implementasi media Roda Papan Bingo Pancasila (ROPILA) digunakan sebagai media pembelajaran PPKn materi pokok pengamalan nila – nilai pancasila ?
Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan atau Research and develpoment (R&D) yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji kelayakan produk yang dikembangkan. Media ROPILA merupakan media yang penggunaannya dalam bentuk permainan sambil belajar secara berkelompok. Pengembangan media ROPILA ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Kangkung Mranggen.
Hasil validasi ahli materi menunjukan rata-rata presentase 90% dan hasil validasi ahli media 90%, seluruhnya berkriteria “sangat layak digunakan”. Hasil kepraktisan media pada angket repon siswa kelas III presentase 97,5% dan angket respon pendidik memperoleh presentase 84,5% berkriteria “sangat layak digunakan”
Kesimpulan dari penelitian ini adalah media ROPILA berbasis media kongkret valid, dapat diterima dan dalam pengimplementasiannya dalam kelas berpengaruh pada siswa kelas III pada materi pengamalan sila pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 08 Jan 2024 08:05
Last Modified: 08 Jan 2024 08:05
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/615

Actions (login required)

View Item
View Item