ANALISIS PERILAKU DISIPLIN DI DALAM LINGKUP SEKOLAH MELALUI PEMBERIAN REWARD KELOMPOK B TK PGRI 7 GRABAG

INDRIYANI, REKA PUSPITA (2021) ANALISIS PERILAKU DISIPLIN DI DALAM LINGKUP SEKOLAH MELALUI PEMBERIAN REWARD KELOMPOK B TK PGRI 7 GRABAG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_REKA PUSPITA INDRIYANI_NPM 14150033.pdf] Text
SKRIPSI_REKA PUSPITA INDRIYANI_NPM 14150033.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Reka Puspita Indriyani. NPM 14150033. “Analisis Perilaku Disiplin Di Dalam
Lingkup Sekolah Melalui Pemberian Reward Kelompok B TK PGRI 7 Grabag”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Pendidikan,
Universitas PGRI Semarang 2021.
Peneliti menjumpai anak-anak yang masih belum paham dengan peraturan
sekolah yang telah ditetapkan sehingga mereka belum menerapkan disiplin di
dalam lingkup sekolah. Selain permasalahan tersebut peneliti menjumpai
permasalahan lain yaitu tingkat kedisiplinan anak yang belum maksimal dalam
proses belajar mengajar berlangsung. Tujuan yang hendak di capai dalam
penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan perencanaan kegiatan di dalam
lingkup sekolah dan nilai-nilai disiplin dalam kegiatan di dalam lingkup sekolah
yang didukung dengan pemberian reward.
Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan pendekatan
kualitatif. Artinya data yang peneliti kumpulkan bukan berupa angka-angka
melainkan data yang bersumber dari naskah wawancara, observasi lapangan,
dokumen pribadi, dokumen resmi lainnya dan dokumentasi. Penelitian ini
berlokasi di TK PGRI 7 Grabag, Dusun Pijahan, Desa Kalipucang, Kecamatan
Grabag, Kabupaten Magelang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perencanaan disiplin dalam
lingkup sekolah pada kelompok B TK PGRI 7 Grabag dengan membuat silabus;
2) Pelaksanaan kegiatan disiplin di lakukan dengan jadwal kegiatan kelompok
disaat siswa melakukan tatap muka dengan menggunakan protokol kesehatan; 3)
Evaluasi yang di lakukan pada kegiatan di dalam lingkup sekolah dilksanakan
secara langsung yang dilakukan setiap hari; 4) Dengan didukung pemberian
reward anak lebih semangat melakukan kegiatan tatap muka di sekolah, disiplin
di dalam lingkup sekolah dan lebih paham tentang pentingnya disiplin.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
meningkatkan kualifikasi guru dan menambah inovasi-inovasi yang baru untuk
memunculkan kreatifitas guru dengan menciptakan sikap disiplin dan dapat
membuat anak lebih antusias dalam belajarnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Oct 2024 02:26
Last Modified: 23 Oct 2024 02:26
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6127

Actions (login required)

View Item
View Item