UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN MELALUI MEDIA KARTU ANGKA PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK A DI RA MANBAUL ULUM TLOGOREJO KARANGAWEN DEMAK

ALIFAH, NUR (2021) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN MELALUI MEDIA KARTU ANGKA PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK A DI RA MANBAUL ULUM TLOGOREJO KARANGAWEN DEMAK. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_NURUL ALIFAH.pdf] Text
SKRIPSI_NURUL ALIFAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

NUR ALIFAH “Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bilangan Melalui
Media Kartu Angka Pada Anak Usia Dini Kelompok A di RA Manbaul Ulum
Tlogorejo Karangawen Demak 2020/2021” Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan UNIVERSITAS
PGRI Semarang. UPGRIS Semarang 2020.
Peneliti ini di latarbelakangi masih rendahnya kemampuan mengenal
bilangan yang dimiliki oleh anak pada kelompok A di RA Manbaul Ulum
Tlogorejo Karangawen Demak .
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu Meningkatkan
Kemampuan Mengenal Bilangan Melalui Media Kartu Angka, karena Kegiatan
pembelajaran di RA Manbaul Ulum tentang mengenal bilangan masih terbilang
kurang, karena dalam pengamatan belajar hanya 5 anak yang dapat mengenal
bilangan dari 20 siswa, sedang sebagian yang lain belum mampu mengenal
bilangan dengan baik, maka dari itu peneliti melakukan dengan media yang di
ciptakan sehingga mampu memberikan inovasi dalam pembelajaran dan memberi
pengalaman baru bagi anak.
Penelitian ini dilaksanakan pada semester Genap yang dimulai dari tanggal
6 Mei sampai 27 Mei 2021. Subyek penelitian ini adalah kelompok A RA
Manbaul Ulum yang berjumlah 20 anak yang terdiri dari 12 anak Perempuan dan
8 anak laki-laki. Prosedur penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang
terdiri dua siklus . tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu 1) Tahap perencanaan 2)
Melakukan tindakan 3) Mengadakan pengamatan tindakan 4) Merefleksi hasil
pengamatan tindakan. Setiap siklus dilaksanakan 3 kali pertemuan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan mengenal bilangan dapat
di tingkatkan melalui kartu angka. Hal ini dapat di buktikan dengan meningkatnya
jumlah anak yang mampu mengenal bilangan dalam setiap kali pertemuan. Baik
dalam siklus I maupun siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan
dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan anak mengenal bilangan dapat di
tingkatkan melalui kartu angka.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Oct 2024 02:00
Last Modified: 23 Oct 2024 02:00
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6113

Actions (login required)

View Item
View Item